Siapa Pahlawan Sejati Perusahaan?

PahlawanPahlawan selalu muncul di saat-saat sulit. Ketika penjajah datang dan Bangsa Indonesia sangat mengidamkan kemerdekaan, di sanalah pahlawan muncul. Banyak nama akan kita jumpai pada kondisi-kondisi seperti ini.

Sebut saja Cut Nyak Dien, Tuanku Imam Bonjol, Pengerah Diponegoro, sampai Sultan Hasanudin dan lain sebagainya. Nama-nama ini selalu muncul saat kata pahlawan keluar.

Dalam dunia olahraga kau juga akan menjumpai banyak nama- nama yang kita anggap sebagai pahlawan. Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma adalah dua nama yang masih menjadi pahlawan bagi dunia olahraga di Indonesia.

Tapi bagaimana dengan dunia usaha? Apakah ada pahlawan di dunia usaha atau perusahaan?

Jawabannya ada. Tapi tidak sebagaimana yang kita bayangkan. Para pahlawan ini bukan pimpinan perusahaan. Malah sebaliknya, pahlawan perusahaan adalah mereka yang berada di garis depan. Mereka langsung berhadapan dengan pelanggan.

Inilah yang disampaikan oleh Leonard Schlesinger dalam bukunya, The Real Heroes of Business.

Mereka, para pahlawan ini memilki karakter yang sama. Mereka tidak menyerah dan hancur karena tekanan. Mereka bukan tidak menghadapi masalah. Mereka malah mendapat berbagai tekanan. Namun berbagai tantangan dan tekanan tidak membuat mereka menghindar.

Karakter lain yang muncul di diri para pahlawan bisnis adalah kemampuan dan ketenangan mereka untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan kekuatan fokus.

Kita mungkin memiliki banyak kemampuan dan mampu melakukan banyak hal. Tapi dari sekian banyak yang telah kita capai dalam bisnis, apakah sudah ada hal penting yang jadi fokus atau prioritas ? Karena bisa jadi, dari banyak yang kita raih sebenarnya tidak terlalu penting bagi bisnis kita.

Fokuslah pada apa yang penting dalam bisnismu. Lalu raih hal itu. Hadapi tantangan yang muncul. Jangan menyerah. Carilah cara-cara untuk menyelesaikan masalah yang menghadang. Itulah karakter pahlawan sejati dalam bisnis. Sudahkah kita memilikinya? Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s