Tiga Hal yang Membuat Hijrah ke Madinah Dilakukan Setelah 13 Tahun Berdakwah di Mekkah

Photo Credit: K.G.Hawes via Compfight cc

Photo Credit: K.G.Hawes via Compfight cc

Kenapa Hijrah setelah 13 tahun? Kenapa tidak setelah lima, enam atau tujuh tahun setelah berdakwah? Apa yang membedakan antara hijrah di tahun 13 kenabian dengan sebelumnya?

Ketika berbicara soal tahun baru, yang sering muncul adalah hingar-bingar terompet, menghitung mundur waktu atau pesta pora. Tapi tidak dengan Tahun Baru Hijriyah.

Tahun Baru Hijriyah tidak sama dengan Masehi. Bila pergantian tahun masehi identik dengan pergeseran waktu, Tahun Baru Hijriyah berkaitan dengan erat peristiwa penting bagi Umat Islam. Nama Hijriyah sendiri diambil dari peristiwa itu.

Peristiwa itu sudah kau kenal dengan Hijrah. Rasulullah dan Umat Islam yang ada di Mekkah berpindah ke Madinah. Dan ini menjadi dasar kebangkitan dakwah Islam yang sebelumnya mendapatkan banyak hambatan di Mekkah.

Dan sejarah Hijrah Nabi ini memang layak menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Meski patokan dasar melakukan Hijrah adalah wahyu Allah, ada perbedaan besar antar hijrah setelah 13 tahun berdakwah di Mekkah dan sebelumnya.

Kau bisa menambahkan, tapi menurutku ada tiga (3) perbedaan yang besar. Pertama, kekuatan umat Islam di kalangan pembesar Quraisy yang makin membesar. Hal ini ditandai dengan banyaknya kalangan bangsawan Quraisy yang masuk Islam. Yang paling fenomenal adalah masuk Islam-nya Umar bin Khattab.

Hal ini juga membuka mata bagi orang-orang yang berada di luar Mekkah. Mereka sadar ada sebuah gerakan baru bernama Islam yang dipimpin Muhammad mendapatkan dukungan dari sebagian pembesar Quraisy.

Kekuatan dukungan ini sangat penting. Di awal-awal dakwah, mereka yang masuk Islam sebagian besar adalah kalangan budak dan orang-orang miskin. Bila saat itu diperintahkan untuk berhijrah, dan ditumpas di tengah jalan, tidak akan ada lagi yang menghiraukan.

Kedua, munculnya dukungan dari luar Mekkah. Dengan makin besarnya kekuatan, hal ini juga diperhatikan oleh orang-orang di sekitar Mekkah. Termasuk di antaranya adalah warga Madinah.

Desas-desus dan berita tentang kemunculan Nabi terakhir sebagaimana yang mereka dengar dari orang Yahudi membuat mereka ingin membuktikan.

Dan ketika datang musim haji, mereka membuktikan sendiri kebenaran berita itu. Mereka bersyahadat. Mengakui kenabian Muhammad saw. Mereka juga berbaiat kepada beliau.

Ada sekelompok orang dari Madinah yang berbai’at di musim haji berikutnya. Setelah itu Rasulullah juga mengutus Mush’ab bin Umair ke Madinah untuk berdakwah di sana. Maka kesiapan dukungan dari Madinah ini juga sangat menentukan keberhasilan hijrah.

Ketiga, kesiapan Rasulullah dengan tugas sebagai pemimpin. Ketika Rasulullah mendapatkan wahyu yang pertama, yang terjadi adalah ketakutan. Sesuatu yang wajar dialami seorang manusia ketika menjumpai keanehan.

Setelah yakin akan wahyu yang diterima, beliau berdakwah. Aktivitasnya adalah membantu orang lain, memberikan nasihat (berdakwah), dan beribadah kepada Allah.

Meski pengalaman berdagang, melakukan perjalanan ke luar Mekkah, dan posisi sebagai cucu Abdul Mutholib sangat berpengaruh tapi itu belum cukup. Nah di 13 tahun ketika di Mekkah itulah Rasulullah disiapkan untuk menjadi pemimpin.

Beliau memberangkatkan orang untuk hijrah ke Habasyah. Rasulullah juga merasakan pengalaman sulit saat terjadi boikot kepada umat Islam. Termasuk pembagian peran dari masing-masing sahabat saat masih berada di Mekkah. Itu semua menyiapkan Muhammad saw untuk menjadi pemimpin.

Semua aktivitas di Mekkah selama 13 tahun memang rencana Allah. Tapi dalam 13 tahun itu, sebuah proses panjang berjalan untuk mensukseskan peristiwa besar, Hijrah. Dan Hijrah juga menjadi titik penting dalam perjalanan dakwah yang bermuara dalam kemenangan Islam. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s