Update Kondisi Palestina 12-08-2014

This slideshow requires JavaScript.

UNOCHA melansir jumlah korban tewas sampai dengan 12/8/2014 sebanyak lebih dari 1960 jiwa, 1395 di antaranya warga sipil, termasuk 458 anak-anak dan lebih dari 327 wanita dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Kesepakatan gencatan senjata selama 72 jam dari kedua belah pihak melalui mediasi Mesir mulai berlaku pada minggu lalu. Negosiasi gencatan senjata dilanjutkan di Kairo padasenin (11 agustus 2014). Sementara serangan udara Israel masih terus dilancarkan hingga tengah malam dan mengakibatkan korban sipil terluka belum lagi menghancurkan bangunan-bangunan dan menyebabkan masyarakat mencari tempat perlindungan darurat.

Diperkirakan ada lebih dari 386.000 jiwa mengungsi ke shelter yang dibangun oleh UNRWA, atau pemerintah. Serangan ini menyebabkan rusaknya infrastruktur atau fasilitas vital, seperti: sekolah, rumah sakit, dan fasilitas saluran air bersih. Kelompok rentan yang terdiri dari wanita dan anak-anak membutuhkan bantuan yang mendesak berupa makanan, nutrisi dan kesehatan, juga terapi psikososial bagi anak-anak yang mengalami trauma terhadap kehilangan keluarga.

Minimnya peralatan darurat medis, bahan bakar untuk ambulan dan generator rumah sakit yang semakin langka. Lebih dari 370,000 anak-anak yang kehilangan keluarga, terluka atau kehilangan rumah mereka, membutuhkan konseling dan dukungan lainnya. Layanan kesehatan, obat-obatan, makanan dan air bersih masih menjadi kebutuhan mendesak sampai saat ini.

PKPU kembali menyerahkan bantuan untuk Gaza pada Selasa, 5 Agustus 2014 yang lalu melalui mitra lokal setempat di Palestina, Zakah Palestinian Institution, melalui perwakilan mitra, Bayan Alashi. Bantuan kali ini ditujukan bagi paramedis, perawat dan jasa para supir medis di Shifa Hospital yang senantiasa berjuang membantu masyarakat Gaza yang menjadi sasaran target kekejaman Israel.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s