Umat Islam Kerja Lebih Pendek, Upah Lebih Banyak

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Sahabatku yang dirahmati Allah, di siang hari seperti ini, marilah sejenak merenungkan karunia-Nya. Sungguh karunia-Nya kepada kita tak terhingga terutama bila kita bandingkan karunia tersebut dengan yang telah diberikan kepada umat-umat sebelum kita.

Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami Hammad dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu’Umar radliallahu ‘anhuma dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Perumpamaan kalian dibandingkan Ahul Kitab seperti seseorang yang menyewa para pekerja yang dia berkata; “Siapa yang mau bekerja untukku dari pagi hingga pertengahan siang dengan upah satu qirath, maka orang-orang Yahudi melaksanakannya.

Kemudian dia berkata, “Siapa yang mau bekerja untukku dari pertengahan siang hingga shalat ‘Ashar dengan upah satu qirath, maka orang-orang Nashrani mengerjakannya.

Kemudain orang itu berkata, lagi: “Siapa yang mau bekerja untukku dari ‘Ashar hinga terbenamnya matahari dengan upah dua qirath, maka kalianlah orang yang mengerjakannya.

Maka orang-orang Yahudi dan Nashrani marah seraya berkata: “Bagaimana bisa, kami yang mengerjakan lebih banyak pekerjaan namun lebih sedikit upah yang kami terima!”

Lalu orang itu berkata: “Apakah ada hak kalian yang aku kurangi?” Mereka menjawab: “Tidak ada”. Orang itu berkata: “Itulah karunia dariku yang aku memberikannya kepada siapa yang aku kehendaki”.(HR. Bukhari hadits no. 2107)

Sahabatku, memang usia dan kekuatan fisik kita tidak seperti orang-orang sebelum kita. Tapi Allah Maha Adil, kekurangan itu diganjar dengan sesuatu yang lebih baik daripada umat-umat terdahulu. Semoga Allah tetap menjaga keimanan kita hingga akhir hayat.

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu annii. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.

Wallahu a’lam bish showaab

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s