Tujuan Puasa bukan Agar Tahan dalam Kesusahan

tarawihTujuan dari puasa bukanlah untuk membiasakan diri menahan haus, lapar dan tahan menderita, tetapi untuk melatih jiwa meninggalkan apa-apa yang dicintai demi mengharap keridhaan yang dicintai.

Kecintaan yang ditinggalkan adalah makan, minum dan jima (bersetubuh), yang merupakan syahwat jiwa. Sedangkan cinta yang diharapkan keridhaannya adalah Allah ‘azza wa jalla.

Dua kalimat dari Syaikh Muhammad Ibn Shalih al-Utsaimin ini menegaskan dan menerangkan tujuan puasa sebenarnya.

Memang puasa didefinisikan dengan meninggalkan makan dan minum serta berhubungan suami istri di siang hari. Tapi jangan lupa bahwa semua itu untuk mengharap ridha dari Allah.

Hal ini mungkin dianggap sebagai sesuatu yang sepele, padahal hal ini adalah sesuatu yang serius. Niat yang ada di dalam dada ketika akan melakukan amal kebaikan adalah sesuatu yang serius.

Bila seseorang melakukan amaliyah puasa tapi niatnya bukan untuk mencari ridha Allah, maka secara dzahir dalam pandangan manusia ia puasa tapi ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan haus.

Maka jangan sampai kau terjebak sahabatku. Jangan kau berpuasa karena malu dengan keluarga, tetangga, dan orang-orang di tempat kerjamu. Berpuasalah karena ingin mengharap ridha dari Allah saja.

Karena yang diinginkan adalah mendapatkan ridha-Nya maka sudah wajar bila semua larangan-larangan dalam puasa wajib dihindari. Sementara sunnah-sunnah di dalamnya dilakukan. Itu juga untuk mengharap ridha-Nya.

Semoga Allah senantiasa memberikan kita petunjuk agar niat kita dalam beribadah terlebih di bulan Ramadhan ini hanya khusus untuk mendapatkan ridha Allah saja. Wallahu a’lam bish showab.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s