Sudah Cukupkah Istighfarmu?

IstighfarRamadhan berjalan mendekati ujungnya. Tidak terasa, separuh Ramadhan telah terlewati. Pertanyaan-pertanyaan pun mulai bermunculan di antara kita.

“Sudah punya baju lebaran belum ya?”

“THR sudah turun belum ya?”

“Mudik enaknya kapan ya?”

Pertanyaan-pertanyaan ini juga mungkin yang sedang kau diskusikan jawabannya dengan keluargamu. Tapi adakah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan keimanan atau ketakwaan muncul dalam benakmu?

“Sudah tambah belum ya taqwaku?”

“Sudah cukup belum ya istighfarku?”

“Sudah tambah belum ya cintaku kepada Allah?”

“Sudah diampunkankah dosa-dosaku?”

Sahabatku yang dirahmati Allah, janganlah sampai kau keluar dari Ramadhan ini masih menyisakan dosa. Atau jangan-jangan di Ramadhan ini kau malah menambah dosa. Na’udzubillah min dzalik.

Ramadhan ini segera usai. Maka bersegeralah meminta ampunan Allah. Perbanyaklah istighfar. Perbanyaklah bertaubat atas segala kesalahan yang telah kau lakukan selama ini.

Di Indonesia, Ramadhan kali ini memang diiringi dengan banyak hal yang menyibukkan. Pilpres, Piala Dunia dan yang terakhir adalah masuknya anak-anak kita ke sekolah setelah ujian.

Jangan sampai kau terlena. Jangan sampai kesibukan-kesibukan itu membuatmu lupa akan Ramadhan yang menjadi kesempatan untuk meraih ampunan atas dosa-dosamu.

Sahabatku yang dirahmati Allah, mereka yang di Gaza mendapatkan kehormatan untuk syahid di bulan yang mulia ini. Tapi bagaimana denganmu? Sudahkah kau mendapatkan ampunan-Nya?

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu annii. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.

Wallahu a’lam bish showaab

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s