RESPON AKSI KEMANUSIAAN DI GAZA, PALESTINA – 15 JULI 2014

01 Sitrep Palestina 15-07-2014I. Informasi Kunci

  1. Pada 07 Juli 2014, Israel melancarkan serangan ke GAZA dengan kode “Operation Protective Edge”
  2. UNOCHA melansir jumlah korban tewas (14/7/2014) sebanyak 178 jiwa, dimana 138 jiwa merupakan warga sipil, dan 36 diantaranya adalah anak-anak.
  3. Jumlah korban luka-luka meningkat menjadi 1.361 jiwa, sebagian besar adalah anak-anak dengan jumlah korban sebanyak 386 jiwa dan sebanyak 249 jiwa adalah wanita.
  4. Sekitar 1.255 rumah hancur dan tidak layak huni, menyebabkan 17.000 jiwa harus mengungsi ke sekolah yang didirikan oleh UNRWA sebagai shelter.
  5. Sebanyak 600.000 jiwa warga GAZA kekurangan air bersih dan air minum.
  6. Layanan kesehatan dan obat-obatan masih menjadi kebutuhan mendesak sampai saat ini.

 

02 Sitrep Palestina 15-07-2014II. Gambaran Umum

Hingga hari ini (Selasa, 15/07/14) serangan Israel ke GAZA yang bernama “Operation Protective Edge” telah berlangsung selama 8 hari sejak diluncurkan pada 07 Juli 2014. Meskipun tujuan dari serangan tersebut adalah kelompok militer, namun korban terbanyak dialami oleh masyarakat sipil, terutama wanita dan anak-anak sebagai kelompok rentan.

Bantuan kemanusiaan sudah dapat memasuki wilayah korban dan pengungsi, namun masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pengungsi GAZA yang saat ini dalam kondisi darurat dan kritis. Bantuan yang telah diberikan paling banyak berupa bantuan pangan dan kesehatan. Namun bantuan tersebut baru dapat meng-cover 42% dari kebutuhan pengungsi, seiring dengan jumlah pengungsi yang terus bertambah setiap hari.

Saat ini ada sekitar 17.000 jiwa warga GAZA tinggal di dalam shelter yang disediakan oleh UNRWA yang juga merupakan sebuah sekolah di wilayah utara GAZA. Kelompok rentan yang terdiri dari wanita dan anak-anak membutuhkan bantuan yang mendesak berupa makanan, nutrisi dan kesehatan, juga terapi psikososial bagi anak-anak yang mengalami trauma terhadap kehilangan keluarga.

 

03 Sitrep Palestina 15-07-2014III. PKPU Respon

Tim PKPU Rescue terus bersinergi dan berkoordinasi dengan mitra NGO lokal untuk mengumpulkan data kemungkinan penyaluran bantuan serta bantuan yang dibutuhkan oleh komunitas terdampak. Selain itu juga PKPU sudah bersinergi dengan media, lembaga bisnis dan tentunya pemerintah khususnya kementrian luar negeri.

Pada 11 July 2014, PKPU menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina melalui lembaga Al Hayah For Family Development Palestina. Bantuan diberikan langsung Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno dan diterima oleh Syeikh Hasan Hamadqu delegasi Al Hayah For Family Development.

 

IV. Kebutuhan Saat Ini

  1. Bantuan makanan (food assistance), khususnya untuk kelompok rentan seperti : wanita, bayi dan anak-anak, lansia serta penyandang disabilitas.
  2. Shelter dan Non Food Items (NFI), seperti : selimut, kasur, dan alat rumah tangga serta bantuan uang tunai.
  3. Layanan kesehatan berupa tenaga medis, peralatan kesehatan, ambulans serta obat-obatan yang persediaannya sudah dalam kondisi darurat.
  4. Air minum dan air bersih, sanitasi, family hygiene kit, serta asupan nutrisi untuk pengungsi, terutama untuk wanita dan anak-anak.
  5. Layanan pendidikan untuk anak-anak komunitas terdampak di pengungsian.
  6. Perlindungan serta dukungan psikososial untuk anak-anak yang trauma karena kehilangan keluarganya.

Rekening Kemanusiaan PKPU Surabaya

BSM 700.116.6268

BCA 513.005.6018

Jemput donasi / konfirmasi transfer ke 031 81002333

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s