10 Hadits Rasulullah tentang Keutaaman Al Quran

QuranSahabatku yang dirahmati Allah, pada malam ini ada yang menyampaikan akan ada Malam Nuzulul Quran. Aku sedang tidak ingin memperdebatkan benar dan tidaknya peringatan tersebut. Lebih baik kita simak berikut ini beberapa hadits Rasulullah tentang Keutamaan Al Quran.

1. Membaca Al Quran, Surat Al Baqarah dan Surah Ali Imran

Dari Abu Umamah Al Bahili RA, dia berkata, “Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Bacalah Al Qur’an, karena Al Qur’an itu akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi para pembacanya! Bacalah Az-Zahrawain, yaitu surah Al Baqarah dan surah Aali Imraan, karena keduanya akan datang pada hari kiamat seperti dua naungan {ghamamatani}, atau ghayayatani atau firqani, atau juga bagaikan dua kelompok burung yang melindungi pembacanya! Bacalah surah Al Baqarah, karena ada keberkahan dengan membacanya dan terdapat penyesalan jika tidak membacanya! Selain itu, surah Al Baqarah juga tidak dapat tertandingi oleh para bathalah.’ Mua’wiyah berkata, “Saya pernah mendapat penjelasan bahwa bathalah artinya adalah para penyihir.” (HR. Muslim)

2. Orang yang dimuliakan karena Al Quran

Dari Amir bin Watsilah bahwasanya Nafi’ bin Abdul Harits pernah menjumpai Umar bin Khaththab di Usfan. Nafi pernah diangkat oleh Umar bin Khaththab sebagai gubernur Makkah. Kemudian Nafi bertanya kepada Umar, “Wahai Amirul Mukminin, siapakah sekarang yang engkau angkat menjadi gubernur Makkah?” Umar bin Khaththab menjawab, “Ibnu Abza.” Nafi bertanya, “Wahai Amirul Mukminin, siapakah Ibnu Abza itu?” Umar bin Khaththab menjawab, “Ia adalah salah seorang budak kami yang telah dimerdekakan.” Nafi’ bertanya, “Wahai Amirul Mukminin, mengapa engkau mengangkat bekas budak sebagai pemimpin penduduk Makkah?” Umar menjawab, “Sesungguhnya Ibnu Abza adalah seorang yang pandai dan memahami Al Qur’an dengan baik. Selain itu, ia juga paham tentang ilmu Faraidh.” Selanjutnya Umar bin Khaththab berkata, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ‘Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memuliakan orang-orang dengan Al Qur’an dan merendahkan orang-orang yang lain dengannya pula.'”(HR. Muslim)

quran013. Perumpamaan Orang yang Pandai Membaca dan Memahami Al Qur’an, Serta Orang yang Tidak Dapat Membaca dan Memahaminya

Dari Abu Musa Al Asy’ari RA, dia berkata, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Perumpamaan orang mukmin yang pandai membaca dan memahami Al Qur’an adalah seperti pohon Utrujah {buah lemon} yang sedap baunya dan enak rasanya. Perumpamaan orang mukmin yang tidak pandai membaca dan memahami Al Qur’an adalah seperti buah kurma yang tidak berbau tetapi manis rasanya. Perumpamaan orang munafik yang pandai membaca dan memahami Al Qur’an adalah seperti buah yang harum baunya tetapi pahit rasanya. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak pandai membaca dan memahami Al Qur’an adalah seperti buah Hanzhalah (labu) yang tidak berbau harum dan pahit rasanya.”(HR. Muslim)

4. Orang yang Membaca AI Quran Dengan Lancar dan Orang yang Membaca Al Qur’an dengan Terbata-bata

Dari Aisyah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Orang yang membaca Al Qur’an dengan fasih dan lancar akan dikelompokkan dengan orang-orang yang mulia. Orang yang membaca Al Qur’an dengan tidak lancar, namun ia tetap berupaya untuk membacanya, maka ia akan mendapat dua pahala'”(HR. Muslim)

5. Turunnya Kedamaian {Ketenangan} Karena Ada Al Quran yang Dibaca

Dari Abu Said Al Khudri RA, bahwasanya pada suatu malam, Usaid bin Khudhair RA sedang membaca Al Qur’an di dekat penambatan kudanya. Tiba-tiba kudanya itu berputar-putar. Lalu ia membaca Al Quran lagi, maka tiba-tiba kudanya itu berputar-putar lagi. Kemudian ia membaca Al-Qur’an lagi, tiba-tiba kudanya berputar-putar lagi. Usaid berkata, “Karena khawatir, kalau-kalau kuda itu menginjak Yahya, maka ia pun mendekatinya. Namun, tanpa saya sadari sebelumnya, tiba-tiba di atas kepala saya ada awan yang berisi semacam lampu yang bersinar yang naik ke atas hingga akhirnya saya pun tidak dapat melihatnya.” Usaid berkata, “Esok harinya saya pun pergi menemui Rasulullah SAW seraya bertanya, ‘Ya Rasulullah, tadi malam saya sedang membaca Al Qur’an di dekat penambatan kuda saya, tiba-tiba kuda tersebut terus berputar-putar. Ada apakah sebenarnya ya Rasulullah?’ Rasulullah SAW bersabda, “Teruskanlah ceritamu itu hai putera Hudhair!” Usaid bin Khudair berkata, “Saya pun akhirnya membaca Al Qur’an lagi, tetapi tiba-tiba kuda saya terus berputar-putar lagi.” Rasulullah SAW bersabda, “Teruskanlah ceritamu hai putera Hudhair!” Usaid bin Hudhair berkata, “Lalu saya teruskan bacaan Al Qur’an saya dan tiba-tiba kuda saya terus berputar-putar.” Rasulullah SAW bersabda, “Teruskanlah ceritamu itu hai putera Hudhair!’ Usaid bin Hudhair berkata, “Kemudian saya berpaling di mana pada saat itu Yahya ada di dekat kuda tersebut sehingga saya khawatir kalau-kalau kuda itu akan menginjaknya. Tiba-tiba saya melihat semacam awan yang berisi cahaya yang naik ke atas, hingga akhirnya saya tidak dapat melihatnya lagi.” Lalu Rasulullah pun bersabda, “Itu adalah para malaikat yang mendengarkan bacaan Al Qura’nmu. Seandainya kamu terus membacanya, niscaya orang lain pasti akan dapat melihat para malaikat sebagaimana yang kamu lihat itu”(HR. Muslim)

6. Tidak Boleh Dengki Kecuali pada Dua Hal

Dari Salim, dari ayahnya RA, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, “Tidak boleh dengki kecuali pada dua hal: Pertama, orang yang diberi Allah kepandaian dalam membaca dan memahami Al Qur’an, ia membacanya siang dan malam hari. Kedua, orang yang dianugerahi harta benda oleh Allah dan ia menafkahkannya siang dan malam hari.’ (HR Muslim)

7. Perintah Melestarikan Hafalan Al Quran dengan Memperbanyak Membacanya

Dari Abdullah bin Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda, “Perumpamaan orang yang menghafal Al Qur’an itu adalah seperti unta yang diikat. Apabila pemilik unta tersebut selalu memegangnya, maka ia akan tetap memilikinya. Sebaliknya, apabila ia melepaskannya, maka unta itupun akan pergi.”(HR. Muslim)

8. Melagukan Bacaan Al Quran

Dari Abu Burdah, dari Abu Musa RA, dia berkata, “Rasulullah SAW telah berkata kepada Abu Musa, ‘Hai Abu Musa, aku senang apabila kamu menemuiku, lalu aku mendengarkan bacaan Al Qur’anmu seperti tadi malam. Sesungguh kamu hai Abu Musa telah dianugerahkan suara yang merdu seperti yang dimiliki keluarga Daud dalam melagukan mazmur.’(HR. Muslim)

9. Mengeraskan dan Mendengarkan Bacaan Al Quran pada Waktu Malam

Dari Aisyah RA, bahwasanya Rasulullah SAW pernah mendengar seseorang membaca Al Qur’an pada malam hari lalu beliau bersabda, “Semoga Allah memberi rahmat kepadanya! Sungguh ia membuatku ingat kembali ayat ini dan itu dalam surah ini dan itu yang semula aku telah lupa”(HR. Muslim)

10. Rasulullah Mendengarkan Al Quran yang Dibaca oleh Orang Lain

Dari Abdullah bin Mas’ud RA, dia berkata, “Rasulullah SAW pernah berkata kepada saya, ‘Hai Ibnu Mas’ud, bacakanlah Al Qur’an kepadaku.’ Saya pun menjawab, “Ya Rasulullah, bagaimana mungkin saya membacakan Al Qur’an kepada engkau, sedangkan Al Qur’an itu sendiri diturunkan kepada engkau?” Rasulullah SAW menjawab, “Sungguh aku ingin mendengar bacaan Al Qur’an dari orang lain.” Lalu saya membaca surah An-Nisaa’ dan sesampainya pada ayat, Maka bagaimanakah halnya orang kafir nanti apabila Kami datangkan seorang saksi {Rasul} dari tiap-tiap umat dan Kami datangkan kamu {Muhammad} sebagai saksi terhadap mereka {umatmu}. (Qs. An-Nisaa'{4}: 41), saya mengangkat kepala saya {atau ada seseorang yang memberikan isyarat kepada saya dengan jarinya, hingga saya mengangkat kepala saya}, maka saya melihat air mata beliau bercucuran.”(HR. Muslim)

Demikianlah beberapa bagian dari hadits Rasulullah dari kitab Shahih Muslim tentang Keutamaan Al Quran. Semoga Allah memberikan kita petunjuk agar senantiasa menjadikan Al Quran sebagai imam. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s