Islam itu Agama Mudah

18Sesungguhnya Allah menurunkan Islam sebagai agama yang mudah. Tapi mudah bukan berarti tidak ada kewajiban. Mudah bukan berarti tidak ada pengorbanan.

Dalam menjalankan Islam, selalu ditemukan kemudahan. Ketika seseorang ingin melaksanakan sholat, bila ia tidak bisa berdiri, ia bisa duduk. Bila ia tidak bisa duduk, dia bisa sholat sambil berbaring.

Dalam puasa, juga ada keringanan. Bila seorang muslim sakit, ia boleh tidak puasa dan mengganti di hari yang lain. Bila tua dan tidak sanggup berpuasa dan mengganti, ia bisa membayar fidyah.

Begitu juga dalam zakat. Zakat tidak dikenakan bagi semua orang, zakat hanya diberikan kepada orang yang kaya. Sedekah pun tetap bisa dilaksanakan oleh mereka yang tidak punya harta. Kerja keras, membantu orang lain, tidak bermaksiat, bahkan tersenyum pun dianggap sebagai sedekah.

Rasulullah sendiri mencontohkan, bila ada dua pilihan yang sama-sama tidak mengandung dosa di dalamnya, maka Rasulullah selalu memilih yang termudah. Beliau juga berpesan agar kita memudahkan setiap urusan dan jangan mempersulit.

Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Abu At Tayyah dia berkata; saya mendengar Anas bin Malik radliallahu ‘anhu berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Mudahkanlah setiap urusan dan janganlah kalian mempersulitnya, buatlah mereka tenang dan jangan membuat mereka lari.” (Shahih Bukhori No. 5660)

Keringanan dan kemudahan dalam Islam memang adalah ketetapan dari Allah untuk ummat Muhammad saw. Dan oleh karenanya, janganlah kita mempersulit diri sendiri dalam Islam.

dari Aisyah radliallahu ‘anha bahwa pada suatu malam Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah membuat sekat (di dalam masjid) dengan tikar lalu shalat di dalamnya, dan menghamparkannya di siang hari untuk duduk, ternyata orang-orang berkumpul di sekeliling Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengerjakan shalat sebagaimana beliau shalat, hingga orang-orang semakin banyak, lalu beliau menghadap (kepada mereka) dan bersabda: “Wahai sekalian manusia, beramal-lah menurut yang kalian sanggupi, sesungguhnya Allah tidak akan bosan sehingga kalian merasa bosan, sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah yang dikerjakan secara kontinyu walaupun sedikit.” (Shahih Bukhari No. 5413)

Subhaanallah, alangkah nikmatnya Islam ini. Yang Allah inginkan untuk hamba-hamba Nya adalah kemudahan, bukan kesulitan dan masalah. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s