Bukankah Belanja Itu tidak Mendidik?

program bbydBeberapa orang menanyakan hal tersebut kepada kami di PKPU Surabaya. Mengajak anak yatim dan dhuafa kurang bermanfaat dan tidak mendidik. Bukankah lebih baik bila mereka diajak untuk membaca Quran, mengaji atau belajar saja?

Pertanyaan atau sanggahan seperti ini sangat lumrah. Tapi sejarah dimulainya Belanja Bareng Yatim memang disengaja untuk memberi senyuman kepada para anak-anak yatim dan dhuafa.

Pernahkah kau memberikan hadiah kepada anak-anak yatim dan dhuafa? Bila pernah, dalam bentuk apa? Apakah pakaian? Songkok? Buku? Sepatu ataukah yang lain?

Kami pernah memberikan bingkisan kepada mereka. Tapi alangkah kagetnya ketika kami menyampaikan bingkisan-bingkisan itu, ternyata tidak semuanya sesuai ukurannya. Ada yang terlalu kecil sehingga harus diberikan kepada anak yang lain, ada pula yang terlalu besar sehingga tidak pantas dipakai.

Yang lebih parah lagi, ketika mereka membutuhkan makanan ringan untuk lebaran, hadiah yang mereka dapatkan adalah baju, songkok dan sarung. Ada juga yang membutuhkan peralatan sekolah ternyata mendapatkan makanan ringan.

Bukan berarti mereka tidak berterima kasih, tetapi bukankah akan lebih terasa manfaatnya bila mereka mendapatkan hadiah sesuai dengan yang mereka butuhkan atau inginkan?

Ditambah lagi, para anak yatim dan dhuafa yang diajak belanja oleh PKPU adalah mereka yang tidak tinggal di panti asuhan. Mereka tinggal dengan kerabat mereka. Kebutuhan keluarga tempat mereka tinggal jelas tidak hanya baju lebaran. Tidak jarang mereka juga butuh sembako bahkan obat-obatan bila sakit menjangkiti salah satu anggota keluarga.

Tujuan kami mengajak mereka belanja bersama adalah agar dana yang diserahkan oleh donatur kepada kami memberi manfaat maksimal. Dan bukankah cara ini lebih baik karena memberikan bantuan dengan tepat?

Lewat BBY (Belanja Bareng Yatim), kami berhasil memberikan senyuman di bibir-bibir mungil itu karena mereka mampu mendapatkan yang mereka inginkan di tengah keterbatasan. Wallahu a’lam.

 

Donasi Belanja Bareng Yatim

Nominal               : Rp 375.000 per anak

Transfer               : BCA (513 005 6620)

Jemput donasi  : hubungi 031-81002333

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s