Adakah Gentong Air Milik Masjid?

salah satu tandon air "milik gereja"

salah satu tandon air “milik gereja”

Kediri, 23 Maret 2014 – Tim Peduli Kelud PKPU Surabaya mengadakan pelayanan kesehatan gratis di Dusun Margomulyo, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kediri. Secara tidak sengaja, salah seorang anggota tim melihat sebuah tandon air berwarna kuning dengan sebuah tulisan “milik gereja”.

Tergelitik, salah seorang anggota tim bertanya kepada warga tentang kebenaran tulisan di tandon air tersebut. Warga ternyata mengiyakan. Tandon-tandon itu adalah milik gereja yang disediakan untuk warga.

Tidak lama berselang, sebuah mobil air datang mengisi tandon air tersebut. Di sekitar lokasi pelayanan kesehatan, memang terlihat ada satu lagi tandon yang sama. Tapi yang satu ini berada di dekat gereja.

Apakah ini berpengaruh terhadap aqidah warga? Salah seorang warga menceritakan bahwa ada seorang warga yang telah berganti agama. (na’udzubillah min dzalik). Rupanya kebutuhan air yang tinggi dan penyediaan air dari gereja bisa menyebabkan warga berpindah aqidah.

Dari 36 dusun yang mengalami kesulitan air bersih akibat erupsi Kelud, baru 4 dusun yang sementara ini bisa kami bantu. Lebih dari 100 tangki air telah didatangkan PKPU. Tapi jumlah ini tetap masih kurang.

Ditambah ada berita bahwa PMI yang biasanya rutin menyediakan air akan menghentikan aktivitasnya pada 31 Maret 2014. Padahal kebutuhan air ini sangat mendasar.

Sementara perbaikan infrastruktur air bersih menurut salah seorang tokoh masyarakat, membutuhkan waktu kurang lebih lima sampai enam bulan lagi. Tidak terbayang betapa banyak warga yang akan kekurangan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kebutuhan lain terungkap saat pelayanan kesehatan. Penyakit yang menyerang warga adalah pusing, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang berhubungan dengan kondisi psikis lainnya. Hal ini menurut warga terjadi sejak Kelud meletus. Trauma ternyata tidak hanya menjangkiti anak-anak tapi juga orang dewasa.

Mereka masih membutuhkan air bersih, mereka masih membutuhkan bantuan da’i untuk membentengi akidah mereka. Maka pertanyaannya, adakah muslim yang siap sedia membantu muslim di lereng Gunung Kelud? Adakah gentong air milik masjid?

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s