Apa Kebutuhan Masyarakat yang Kau Penuhi?

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Salah seorang pakar manajemen, mendiang Peter Drucker pernah menyampaikan bahwa sebuah institusi manapun yang ada di masyarakat harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Atau dengan kata lain bila sebuah institusi baik institusi pemerintah, bisnis atau sosial, bila ia tidak memberikan manfaat kepada masyarakat, bila tidak memenuhi kebutuhan masyarakat, maka bisa dipastikan ia akan hilang. Hanya persoalan waktu apakah cepat atau lambat.

Ketika masyarakat membutuhkan akses terhadap komunikasi, maka perusahaan telpon genggam dan penyedia pulsanya harus didirikan untuk memenuhi kebutuhan ini. Lalu berdirilah Telkomsel, Indosat, XL dan lain sebagainya.

Ketika masyarakat membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan, maka pemerintah harus mendirikan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ini. Bila tidak mampu, maka rumah sakit swasta yang berdiri.

Begitu juga dengan lembaga sosial. Ketika ada masyarakat yang membutuhkan biaya pendidikan, lembaga sosial harus didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bantuan pendidikan.

Bila sebuah institusi hanya memprioritaskan dirinya, bisa dipastikan ia tidak akan menjadi pilihan. Ia akan tergusur oleh institusi lain yang memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mengapa banyak orang kaya yang berobat ke luar negeri? Karena di dalam negeri bisa jadi kebutuhan mereka tidak bisa dipenuhi. Atau “prestise” menjadi kebutuhan yang dimiliki para orang kaya dan bukan pelayanan kesehatan yang optimal sehingga tidak akan mungkin dipenuhi oleh rumah sakit manapun di dalam negeri.

KPK menjadi pilihan masyarakat karena institusi kepolisian telah dinilai tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan masyarakat terkait kasus-kasus korupsi. Mahkamah Konstitusi didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hak konstitusional yang tidak bisa ditemukan dalam pengadilan.

Apapun jenis kebutuhannya, masyarakat yang mana yang membutuhkannya, semua sangat beragam. Artinya kau masih memiliki banyak kesempatan untuk mendirikan institiusi bisnismu.

Semua orang masih memiliki kesempatan yang sama. Asalkan mereka sadar dari awal, bahwa kebutuhan masyarakat yang harus mereka penuhi, bukan keinginan dan kebutuhan mereka, para pengusaha.

Rasa tanggung jawab atas kemampuan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat inilah yang memunculkan seorang entrepreneur sejati. Ia akan senantiasa jeli dalam melihat kebutuhan masyarakat. Ia akan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan sebaik-baiknya. Bagaimana denganmu? Apa kebutuhan masyarakat yang kau penuhi?.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s