Bukan Hanya Soal Uang

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Mungkin hal ini agak aneh di telingamu. Menjadi seorang entrepreneur tidak boleh hanya berpikir bagaimana mendatangkan uang. Entrepreneur sejati tidak akan berpikir seperti itu.

Para entrepreneur sejati sebagaimana diceritakan dalam buku “Built to Last” bahkan sering menganggap keuntungan itu di urutan prioritas kesekian. Dan ada hal-hal lain yang lebih penting dari sekedar uang bagi mereka para entrepreneur sejati yang hingga kini perusahaan yang mereka dirikan tetap ada.

Lalu apa yang mereka dahulukan sebelum uang? Dari contoh yang ada, banyak pilihan prioritas yang lebih layak didahulukan ketimbang uang atau keuntungan.

  1. Customer atau pelanggan. Perusahaan besar macam Johnson & Johnson dan Wal Mart di awal berdirinya telah menetapkan bahwa prioritas utama mereka adalah memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.
  2. Pegawai. Sejak awal berdiri, HP dan Marriot telah memutuskan bahwa mereka akan besar bila mereka memperhatikan karyawan dan orang-orang yang  bekerja di dalamnya.
  3. Produk atau pelayanan yang memuaskan. Perusahaan mobil Ford dan Walt Disney, menetapkan bahwa produk dan pelayanan mereka adalah prioritas utama dalam bisnis yang mereka jalankan.
  4. Berani dalam mengambil resiko. Ini adalah sikap utama dan terpenting yang menjadi jiwa atau semangat Sony dan Boeing. Mereka selalu harus menjadi yang pertama.
  5. Inovasi. Motorola dan 3M adalah dua perusahaan yang sejak awal berdirinya memutuskan bahwa kunci bisnis mereka terletak pada inovasi.

Semua perusahaan di atas ternyata memiliki prioritas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Tapi ada satu yang sama. Tidak ada satupun di antara semua perusahaan besar itu yang telah memprioritaskan uang.

Bisa jadi kini kondisi perusahaan-perusahaan itu berbeda dengan awal berdirinya. Tapi yang menjadikan besar adalah semangat yang sangat penting bagi mereka. Dan semangat itu bukan uang atau keuntungan.

Maka bila kini kau ingin menjadi seorang entrepreneur sejati, apa ruh atau semangat yang kau prioritaskan? Apakah kau hanya akan memprioritaskan untuk meraih uang semata?

Beberapa perusahaan besar di atas ada yang sudah mulai menurun. Dan penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena prioritas mereka bukan lagi semangat para pendirinya. Semangat mereka telah berubah.

Semangat untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya membuat mereka tidak lagi menjadi perusahaan yang besar. Mereka telah menyalahi semangat mendasar yang menjadi pondasi berdirinya perusahaan itu sendiri. Bagaimana denganmu?

Sumber: “Built To Last, Successful Habits of Visionary Company,” karya Jim Collins dan Jerry I. Porras

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s