Tabung Peduli, Memudahkan dan Membiasakan Jiwa Sosial

Tabung PeduliMemudahkan dan membiasakan, itulah dua kata yang menjadi kata kunci dari program Tabung Peduli PKPU. Dengan membagikan tabung kepada para siswa, guru atau pegawai kantor, dana yang terkumpul dalam tabung juga akan digunakan untuk program sosial terutama dalam bidang pendidikan.

Memudahkan, karena untuk memberikan donasi sosial memang sulit bagi  mereka yang belum terbiasa. Dengan tabung peduli, diharapkan para siswa, guru atau pegawai kantor bisa menyisihkan sebagian uang yang mereka gunakan meskipun dalam jumlah kecil. Ini sesuai dengan pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Membiasakan, berinfak atau bersedekah adalah sebuah aktivitas yang berat. Sebagaimana amal ibadah lain yang rutin dilaksanakan oleh umat Islam, semakin terbiasa, maka akan semakin ringan rasanya, terutama bagi anak-anak.

Agar mereka menjadi orang yang dermawan dan berjiwa sosial, maka hal itu tidak bisa terjadi dalam waktu satu atau dua tahun saja. Dibutuhkan pembiasaan yang senantiasa dilakukan. Dan inilah yang diharapkan dari program Tabung Peduli.

Berapa Sekolah/Individu yang bergabung dalam tabung peduli? Di tahun 2013, tercatat sudah ada 34 individu dan 12 sekolah yang ikut bermitra dalam program tabung peduli.

Digunakan dalam Program seperti apa saja tabung peduli ini? Penggunaan dana program tabung peduli ini dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah sebagai pembiayaan pelaksanaan program pendidikan yang dilaksanakan PKPU seperti, beasiswa, screening atau pemeriksaan kesehatan siswa, penyuluhan hidup bersih dan sehat dan lain sebagainya. Porsinya antara 70% hingga 100% dari dana tabung peduli yang terkumpul.

Yang kedua adalah pembiayaan pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh mitra sekolah. Kegiatannya antara lain, pelatihan guru, screening atau pemeriksaan kesehatan siswa, pelatihan parenting di sekolah dan lain sebagainya. Porsinya maksimal 30% dari dana tabung peduli yang diperoleh oleh mitra sekolah.

Apakah hanya sekolah atau pegawai kantor saja yang bisa bergabung dalam program tabung peduli? Tentu saja tidak. Karena tujuannya adalah untuk memudahkan dan membiasakan, komunitas atau individu manapun yang masih merasa berat berinfak bisa memanfaatkan program tabung peduli ini.

Bagaimana bergabung dengan program Tabung Peduli ini? Hubungi PKPU di nomor (031) 5039285 atau di (031) 81002333. Atau kau bisa juga datang ke PKPU Surabaya, Jl. Ngagel Madya 83 Surabaya.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s