Cara Allah Menjaga Semangat Rasul-Nya

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Sahabatku yang semoga selalu terlimpahkan berkah, Allah adalah pencipta manusia semuanya. Maka Dialah yang  Maha Tahu akan segala kekurangan dan kelebihannya. Termasuk semangat manusia yang berasal dari rasa cinta.

Ada kalanya manusia merasa sedih saat ujian melanda. Dan itu adalah sesuatu yang memang sudah menjadi jalan hidup manusia di dunia. Ada saatnya sedih ada pula waktunya bahagia dan tertawa.

Tapi tahukah kau bagaimana Allah membimbing para hamba pilihan-Nya. Karena walau mereka adalah pilihan, tetap saja mereka adalah manusia biasa yang hidup di antara manusia biasa.

Allah menghibur dan mengisahkan cerita untuk mennyemangati mereka, para hamba pilihan yang sedang dirundung duka. Dihadirkannya kisah-kisah para pendahulu dan perjuangan mereka yang penuh dengan pengorbanan namun tetap penuh cinta.

Kisah Musa as. yang berhadapan dengan orang tua asuhnya, serita Ibrahim as. yang mendakwahi ayahnya memberi gambaran. Bahwa memang hidup dalam naungan ilahi tidak selalu penuh dengan dunia yang menyenangkan.

Cerita Luth as. yang harus meninggalkan istrinya, serta Nuh as. yang tak diperkenankan mendoakan putranya juga menjadi pelajaran. Bahwa yang terdekat dengan mereka bukanlah keluarga tapi yang di hatinya tertanam iman.

Kisah-kisah perjuangan para da’i pilihan dan kehidupan mereka membawa berita gembira. Mereka yang mengikuti para da’i itu memang pasti akan merasakan hal yang sama. Sembari berharap mereka juga mendapat balasa serupa dari Yang Maha Kuasa.

Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: “Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah. Tetapi (aku menyembah) Tuhan Yang menjadikanku; karena sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku.” Dan (lbrahim a. s.) menjadikan kalimat tauhid itu kalimat yang kekal pada keturunannya supaya mereka kembali kepada kalimat tauhid itu. (QS. Az Zukhruf: 26-28)

Kisah-kisah itu ternyata memberi pelajaran berharga. Bagi mereka yang ingin semangatnya terjaga agar ia tetap belajar mencari ilmu dalam menjalani hidupnya. Bagaimana denganmu sahabatku yang mulia?

Sudahkah kau meneladani kisah-kisah penuh pengorbanan dari para da’i yang utama? Bila belum, maka bersegeralah! Agar semangat yang kau punya tetap bisa bertahan dan tak menemui putus asa.

Sungguh semangat itu tidak selalu naik dan naik. Ada kalanya semangat dan kesungguhan itu menukik. Agar saat-saat jatuh itu tidak berlangsung lama, segeralah belajar dengan berbekal firman-Nya dan contoh dari Nabi-Nya.

Wallahu a’lam

2 responses to “Cara Allah Menjaga Semangat Rasul-Nya

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s