Sebuah Hikmah dari Pekan Kondom Nasional

sumber gambar: www.jurnalislam.com

sumber gambar: www.jurnalislam.com

Sahabatku yang dirahmati Allah, beberapa hari terakhir kau pasti sudah mengetahui berita-berita soal Pekan Kondom Nasional. Alhamdulillah, program ini telah dihentikan.

Aku teringat sebuah ayat yang menunjukkan peringatan Allah tentang zina. “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (Al Israa’: 32)

Kenapa mendekati saja tidak boleh? Pertanyaan ini jarang ditanyakan. Sebaliknya yang muncul adalah “wong mendekati saja tidak boleh, apalagi melakukan.”

Tapi tahukah kalian sahabatku, bahwa ada sebuah hikmah yang besar yang muncul dari perintah-perintah Allah untuk menghindari perbuatan-perbuatan dosa? Perintah-perintah itu sangat manusiawi.

Sebuah penelitian pernah dilakukan tentang tindakan kecurangan yang dilakukan oleh manusia. Penelitian ini sebenarnya ditujukan untuk mencari tahu apakah sebenarnya yang menyebabkan orang curang dan bagaimana mencegahnya.

Salah satu hasilnya adalah, bahwa sebagian besar orang melakukan kecurangan (seperti berbohong, mencuri dan lain sebagainya) adalah karena mereka memiliki kesempatan untuk berbuat curang.

Orang yang dalam hatinya selalu berniat untuk berbuat curang sangat sedikit. Yang banyak adalah orang yang sebenarnya tidak ingin berbuat curang, tapi karena kesempatannya ada dan mudah, maka mereka tergoda.

Lalu bagaimana mencegahnya. Apakah dengan menakut-nakuti mereka dengan hukuman yang berat? Berdasarkan penelitian ini, ternyata tidak. Cara yang paling optimal untuk mencegah kecurangan adalah dengan mempersulit mereka untuk berbuat curang. (Baca: Butuh Gembok agar yang Jujur tetap Jujur)

Dengan kata lain untuk mencegah orang berbuat curang, jalan-jalan yang memudahkan orang untuk melakukannya harus ditutup. Dan berdasarkan penelitian, ini jauh lebih efektif.

Dan bukankah begitu juga apa yang diperintahkan Allah saat mengingatkan agar manusia menghindari perbuatan dosa. Allah mencegahnya dengan menutup jalan-jalan bagi melaksanakannya.

Zina tidak boleh didekati. Minum khamr, judi, syirik itu dicegah oleh Allah dengan menutup jalan-jalan melaksanakannya

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (Al Maaidah: 90)

Sesungguhnya penelitian ini, meskipun dilakukan oleh seorang Profesor berkebangsaan Israel, nyatanya menunjukkan cara yang paling efektif dalam mencegah kemungkaran adalah sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, dengan menjauhi dan menjauhkannya. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s