Mengusahakan Perubahan Yang Selalu Positif

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Bila perubahan itu mesti terjadi, bisakah manusia mengusahakan agar perubahan itu juga membuahkan kebaikan bagi manusia?

Sahabatku yang dirahmati Allah, ada sebuah firman Allah memastikan hal ini.  Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (QS. An Nahl: 30)

Hal ini juga disampaikan oleh Allah pada ayat yang lain. Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.(QS. An Nahl: 97)

Hal ini berarti bahwa kau juga bisa mengalami perubahan yang senantiasa baik bagi dirimu. Kau bisa mengusahakan agar perubahan yang terjadi akan selalu membawa sesuatu yang positif.

Tapi ada dua syarat yang harus kau penuhi untuk senantiasa mendapatkan perubahan positif dalam menjalani kehidupan ini.

Yang pertama adalah keimanan. Hanya dengan keyakinan dan penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah sajalah kau bisa merasakan perubahan-perubahan positif.

Sebagaimana Allah telah menjelaskan bahwa bagi orang yang bersabar, musibah itu adalah kabar gembira. Karena kau sadar, di dunia ini tidak  hanya kegemberiaan, ada kalanya manusia itu dihadapkan dengan kesulitan.

Nah ketika orang yakin bahwa dengan kekuasaan dan kehendak Allah semua kejadian itu terjadi, ia akan merasakan perubahan positif. Ia malah akan mendekatkan diri pada Allah, senantiasa bersyukur dan optimis terhadap apapun ketentuan Allah. Ia tidak akan menjadi orang yang putus asa.

Syarat yang kedua untuk meraih perubahan positif dalam hidup adalah dengan senantiasa melakukan amal shalih. Ingat sahabat, amal shalih ini tidak terbatas pada amal ibadah yang ubudiyah semata. Muamalah dan berbuat baik kepada manusia di dunia ini juga bagian dari amal shalih.

Dan bila kau telah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka janji Allah untuk memberikan kehidupan yang baik pasti terwujud karena sesungguhnya Allah tidak pernah menyalahi janjiNya.

(Sebagai) janji yang sebenarnya dari Allah. Allah tidak akan menyalahi janjiNya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS. Ar Ruum: 6)

Maka bersegeralah mendapatkan perubahan-perubahan yang positif dalam hidupmu sahabatku. Tetaplah berpegang teguh pada iman dan tetaplah beramal shalih. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s