Perubahan adalah Tanda Kebesaran Allah

Perubahannya menjadi bukti kebesaran Allah (sumber gambar: www.flickr.com)

Perubahannya menjadi bukti kebesaran Allah (sumber gambar: www.flickr.com)

Sahabatku yang dirahmati Allah, pernahkah kau memperhatikan perubahan sederhana tentang pergerakan matahari dan bulan? Pernahkah kau memikirkan lebih dalam perubahan panjang bayangan dirimu di perjalanan hari?

Atau jangan-jangan perubahan yang dahsyat ini tak pernah mampir dalam pikiran dan otakmu yang telah didesain Allah dengan tanpa cela itu? Bila memang demikian, marilah bersama menyimak ungkapan Allah berikut ini.

“Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Yaasiin: 37-40)

Subhaanallah. Maha Suci Allah. Perubahan-perubahan yang dalam pandangan kita adalah sesuatu yang sederhana sebenarnya menyimpan sebuah ilmu dan tanda kekuasaan Allah yang besar.

Perubahan siang dan malam, bagi manusia adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Padahal, perubahan perputaran matahari, bumi, dan bulan yang demikian kompleks dan teratur sebenarnya menyimpan kebenaran yang tidak terbantahkan.

Bagi matahari yang menyinari bumi, hanya panjang gelombang tertentu saja yang masuk ke dalam bumi dan menyinari tumbuhan yang memungkinkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesa. Bila saja panjang gelombang ini bergeser sedikit saja, fotosintesa tidak akan terjadi.

Dan bila fotosintesa tidak terjadi, beras, buah, jagung, dan tumbuhan apapun tidak bisa menghasilkan energi. Dan bumi pastilah menjadi planet yang tak berkehidupan sama sekali.

Begitu juga dengan malam. Tahukah kau bahwa beberapa hormon tertentu dalam tubuh manusia itu sangat dipengaruhi oleh terang dan gelapnya lingkungan sekitarnya.

Ada hormon yang aktif dikeluarkan di malam hari. Dan ada juga hormon yang aktif dikeluarkan di siang hari. Proses tubuh manusia ternyata dipengaruhi perubahan-perubahan siang dan malam.

Belum lagi proses terbentuknya hujan, terjadinya gelombang laut, terjadinya angin, sampai pada perubahan cuaca dan musim, semua ini sangat dipengaruhi oleh perubahan matahari dan bulan, siang dan malam.

Sesungguhnya perubahan itu adalah tanda-tanda kebesaran Allah. Hanya saja terkadang manusia tidak menggunakan akal untuk mempelajarinya. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s