Belajarlah dari Perubahan

Perubahan membawa ilmu bagi manusia, tapi hanya bagi mereka yang merenungkannya

Perubahan membawa ilmu bagi manusia, tapi hanya bagi mereka yang merenungkannya

Seorang anak, semenjak lahir, bayi, kemudian balita hingga usia TK, SD dan seterusnya selalu mengalami perubahan, baik fisik, psikis maupun secara spiritual. Dan itulah yang memunculkan berbagai keilmuan.

Mulai dari ilmu biologi hingga ilmu psikologi perkembangan anak muncul akibat perhatian para ilmuwan mengamati perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia.

Dan sebagaimana manusia mengalami perkembangan, demikian juga masyarakat. Dan dari perhatian ilmuwan pada perubahan masyarakat, muncullah sosiologi, antropologi dan ilmu humaniora lainnya.

Tidak hanya makhluk hidup, perubahan alam, iklim serta cuaca pun memunculkan ilmu geografi, meteorologi dan berbagai ilmu alam lainnya.

Usaha pun juga mengalami perubahan. Sehingga dari perubahan-perubahan itulah kemudian muncul ilmu-ilmu marketing, manajemen dan sumber daya manusia.

Semua perubahan itu muncul agar manusia belajar. Ketika seorang anak manusia mengalami perubahan, banyak hormon dan enzim yang bekerja dalam tubuhnya. Dari sana kondisi-kondisi abnormal dalam pertumbuhan bisa ditangani.

Ketika seorang pemimpin dunia memberikan keputusannya akan suatu hal, maka masyarakat yang di bawah kepemimpinannya akan beradaptasi dengan keputusannya. Masyarakat dan rakyat akhirnya bisa belajar bagaimana memilih pemimpin yang lebih baik di masa yang akan datang.

Demikianlah memang adanya perubahan itu disengaja oleh Allah agar kita, manusia, belajar tentang ciptaan-ciptaannya. Dan dengan belajar tentang ciptaan-ciptaannya itu, semakin kuatlah iman kita kepadaNya.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.” (QS. Ar Ruum: 24)

Sesungguhnya semua perubahan-perubahan yang terjadi di alam semesta semestinya menjadi pelajaran yang berharga. Karena manusia telah dibekali oleh Allah dengan akal untuk memikirkan perubahan itu dan mendapatkan kebenaran di dalamnya.

Oleh sebab itu, ketika kau mendapati perubahan baik pada dirimu atau lingkungan sekitarmu, jangan kau kecewa dengan perubahan itu. Sebaliknya, jadikanlah perubahan itu sebuah proses pembelajaran bagimu.

Bukankah semua ilmu-ilmu yang berkembang sekarang ini berasal dari perubahan-perubahan yang terjadi? Dan bukankah umat Islam yang lebih berhak akan semua keilmuan itu? Maka belajarlah dari perubahan. Semakin banyak perubahan semakin banyak pelajaran yang bisa kau dapatkan. Wallahu a’lam.

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s