PKPU Berangkatkan Tim Kemanusiaan ke Filipina

2013-11-14_Misi-Kemanusiaan-SEAHUM-Committe-300x206JAKARTA – Kamis dinihari (14/11/2013) pukul 00.00 WIB, tim tanggap darurat Topan Haiyan PKPU yang terdiri dari tiga anggota tim spesialis rescue, Muhammad Kaimuddin, Subur Rojinawi, Eko Sulistio Sukirno serta seorang dokter yaitu dr Martanto, berangkat dari bandara Soekarno Hatta menuju kota Cebu setelah transit di Manila.

Misi kemanusiaan PKPU di Filipina akan berlangsung selama dua minggu dengan fokus kepada pemberian bantuan dasar (basic needs) untuk para korban dan pengungsi. Kondisi ini berdasarkan assessment awal dari pengumpulan informasi jejaring mitra PKPU di Filipina.

Sejumlah program yang akan dilakukan Tim Kemanusiaan PKPU diantaranya adalah pemberian logistik bantuan korban di pengungsian berupa paket makanan, air minum, shelter kit, obat-obatan serta pelayanan kesehatan.

Sumber data yang didapat PKPU dari UN OCHA per 11 November 2013, diperkirakan 9,8 juta orang terkena dampak bencana dahsyat Topan Haiyan di Filipina. Sebanyak 659.268 orang membutuhkan tempat tinggal (394.494 berada di 1.316 titik pengungsian, sedangkan 264.774 orang belum mendapatkan tempat bahkan jumlah korban terus meningkat dengan mencapai 10.000 orang).

Saat ini, PKPU terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dan berwenang memastikan proses dari dan menuju Tacloban dimana lokasi bencana terparah. Kebutuhan mendesak yang diperlukan mereka adalah penampungan darurat, makanan, air dan sanitasi.

Presiden SEAHUM yang juga Presdir PKPU Agung Notowiguno mengatakan para relawan dari Indonesia dan Malaysia serta dibantu oleh mitra lokal di Filipina siap terjun ke daerah-daerah terdampak. Dalam program aksi kemanusiaan ini, SEAHUM mengusung tema kampanye “Love Philippines”. Peristiwa Topan Haiyan sendiri gambaran dari mitra di Filipina, kerusakannya mirip seperti tsunami Aceh 2004.

Situasi terkini di Filipina adalah tanggap darurat, akses menuju ke sana terhambat oleh rusaknya berbagai infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara. PKPU sudah dua kali terjun ke Filipina pada saat terjadi banjir besar tahun 2011 dan 2012.

sumber: http://www.pkpu.or.id
Donasi kemanusiaan: BCA 513.005.6018

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s