Panduan Memilih Kambing Qurban bagi yang Awam

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Hari Raya Qurban kini tinggal menghitung hari. Semakin banyak pula pedagang hewan qurban bertebaran di berbagai kota besar. Dengan semakin banyaknya pilihan, seringkali para pequrban malah menjadi bingung.

Selain postur hewan qurban, kesehatannya juga harus dijadikan pedoman penting. Bila terjangkiti penyakit, tidak hanya menjadikan qurban tidak sah, malah membahayakan kesehatan yang mengkonsumsi.

Bagi yang masih awam berikut ada panduan umum untuk melihat sehat tidaknya  kambing yang dijadikan hewan qurban. Tidak jauh berbeda dari sapi, tapi tetap ada yang berbeda. Ini dia tanda-tanda yang harus kau perhatikan untuk kambing:

Telinga kambing yang sehat bergerak waspada bila ada perubahan di lingkungan sekitarnya

Telinga kambing yang sehat bergerak waspada bila ada perubahan di lingkungan sekitarnya

Telinga. Pada kambing yang sehat, telinga secara aktif waspada. Terlihat gerakan-gerakan untuk mencari sumber-sumber suara. Sementara pada kambing yang sakit biasanya tidak terlihat gerakan telinga.

Hidung. Pada kambing yang sehat berbeda keadaannya dengan sapi. Bila pada sapi sehat hidungya selalu basah, pada kambing sehat hidungnya kering.

hidung yang kering dan mulut yang tak berliur, tandan sehatnya kambing

hidung yang kering dan mulut yang tak berliur, tandan sehatnya kambing

Mulut. Pada kambing yang sehat, tidak ada air liur yang menetes dari mulut. Bila terlihat ada yang menetes dari mulut, besar kemungkinan kambing tersebut sakit.

Penampilan secara umum. Kambing yang sehat selalu waspada dengan lingkungannya. Maka ketika terjadi perubahan di lingkungan sekitarnya ia akan selalu menengadahkan kepala dan mencari tahu apa yang terjadi.

Kotoran kambing yang sehat

Kotoran kambing yang sehat

Kotoran. Kotoran pada kambing berbentuk bulatan seperti kelereng. Bila terjadi perubahan bentuk seperti terjadi diare, bisa jadi ada penyakit yang menyerang kambing tersebut.

Itulah tanda-tanda sehatnya kambing yang bisa kau lihat secara sekilas. Semoga kau bisa mendapatkan hewan qurban terbaik dan semoga Allah menerima bukti cinta dan pengorbananmu melalui qurban. Wallahu a’lam

Sumber : http://www.fao.org/docrep/t0690e/t0690e04.htm#TopOfPage

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s