Manakah yang Lebih Baik? Kurban Kambing atau Sapi?

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Umar bin Khattab r.a pernah mendapatkan seekor seekor binatang Qurban yang berharga mahal, 300 dinar. Asal kau ketahui sahabat, 300 dinar itu sekarang setara dengan 145 juta rupiah.

Namun binatang qurban itu adalah seekor binatang qurban yang sangat istimewa. Jadi memang sesuai antara kualitas hewan qurban dengan harganya.

Setelah mendapatkan hewan istimewa berharga mahal, Umar bertanya kepada Rasulullah. “Rasulullah, aku mendapatkan hewan qurban yang sangat istimewa, namun harganya 300 dinar, apakah aku sebaiknya jual hewan itu dan kubelikan unta saja?”

Rasulullah menjawab, “Kurbankanlah hewan itu.”

Ternyata Rasulullah tidak mengijinkan Umar untuk menjualnya. Beliau meminta Umar untuk menyembelihnya. Hal ini tentu saja sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam qurban.

Qurban itu bukan sekedar masalah banyaknya daging yang dimiliki oleh hewan qurban. Tapi yang menjadi penting adalah kecintaan seseorang terhadap hewan kurban tersebut. Pengorbanan yang dilakukannya dalam mempersembahkan yang terbaik kepada Allah.

Lalu manakah yang lebih baik antara kurban dengan kambing atau sapi? Jawabannya adalah kurban dengan hewan yang terbaik. Manakah yang lebih kau berat untuk melaksanakannya, bisa jadi itulah kurban terbaikmu. Wallahu a’lam

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s