Pembunuh Nomor Satu Para Pemimpin

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Pembunuh ini muncul di setiap zaman, di setiap tempat dan menyerang semua pemimpin yang ada di dunia. Pembunuh ini juga tidak memandang tinggi atau rendahnya struktur organisasi yang dipimpinnya. Semua dibabat.

Ada yang berhasil melewatinya sekali waktu. Tapi pembunuh ini tidak mati. Di waktu yang lain, ia bisa bangkit, dan berusaha membunuh kembali pemimpin yang telah mengalahkannya.

Siapakah pembunuh ini? Mengapa ia sulit dibasmi? Mengapa ia mentarget pemimpin dan lainnya? Dan kapan ia akan berhenti melakukan aksinya?

Pembunuh ini dikenal sebagai HIPOKRIT, atau bahasa Inggrisnya Hipocrisy. Ia adalah sikap yang ditunjukkan seseorang saat apa yang disampaikan dan direncanakan ternyata tidak sama dengan yang dilakukan.

Ia sulit dibasmi karena ia muncul pada diri semua manusia. Dalam diri masing-masing kita ada bibit sikap hipokrit ini. Kemalasan adalah dasar dari munculnya sikap ini.

Sebenarnya ia tidak hanya mentarget pemimpin. Semuanya ia datangi dan coba kalahkan. Namun efeknya sangat terasa bila hipokrit ini menyerang pemimpin. Ia akan dijauhi dan jatuh kepemimpinannya di mata orang lain terutama yang dipimpinnya.

Apakah ia akan berhenti melakukan aksinya? Sepertinya tidak. Karena ia setelah dikalahkan pun ia masih bisa hidup lagi. Dikalahkan lagi, tetap ia bisa hidup lagi di lain waktu.

Bagaimana agar para pemimpin tidak menjadi sasaran dari hipokrit? Ya dengan bersikap jujur. Menyatukan antara apa yang diucapkan dan direncanakan dengan apa yang dilakukan.

Selama kesesuaian antara apa yang dilakukan dan diucapkan oleh pemimpin tidak ada, selama itu pulalah ia akan menjadi sasaran pembunuhan. Dan untuk meraih kembali kepercayaan untuk memimpin itu lebih berat bila kau telah mengkhianatinya. Wallahu a’lam

Diadaptasi dari salah satu artikel dalam buku, The Why of Work, karya Dave Ulrich dan Wendy Ulrich

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s