Semoga Allah Menghindarkan Dirimu dari Berislam di Tepian

sumber gambar (www.flickr.com)

sumber gambar (www.flickr.com)

Ibnu ‘Abbas ra pernah bercerita, “Suatu ketika ada orang yang datang ke Madinah untuk menyatakan keimanannya. Bila ia mendapati istrinya melahirkan seorang anak laki-laki dan kudanya juga berkembang biak maka ia berkata, ‘Sungguh ini adalah agama yang baik.’”

“Namun bila istrinya tidak melahirkan dan kudanya tidak berkembang biak, ia berkata, ‘ini adalah agama yang buruk.’” Hal seperti inilah yang disebut oleh Allah orang yang keislamannya ada di tepi sebagaimana di surat Al Hajj ayat 11.

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.

Sahabatku, sesungguhnya orang yang dicontohkan di atas mengira bahwa keislamannya akan memberikannya semua keuntungan dunia. Sehingga bila ia tidak mendapatkan keuntungan dunia, ia akan lari dari Islam.

Bila ada keuntungan yang ia dapatkan dalam Islam, bersegeralah dia berislam. Namun ketika dalam Islam ia menemukan kerugian dari segi dunia, ia berpaling darinya.

Dan orang-orang yang berislam dengan model seperti ini adalah orang yang rugi yang sebenarnya. Tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Karena ternyata cinta dan pengorbanannya bukan karena ketaatan tapi karena cinta dunia.

Cintanya pada dunialah yang membuat ia berislam saat ada keuntungan. Dan cinta pada dunia pula yang membuat dia berpaling dari Islam saat ia merasa ada kerugiannya. Padahal hidayah adalah nikmat yang terbesar pada diri manusia.

Semoga Allah senantiasa menghindarkan dirimu dan diriku dari ber-Islam seperti ini, menguatkan iman dan cinta kepadaNya hingga ajal menjemput. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s