Menuju Bulan Cinta

sumber gambar: flickr.com

sumber gambar: flickr.com

Bila banyak orang menyatakan bahwa bulan cinta adalah bulan Februari maka tidak denganku. Aku sendiri lebih cocok bulan cinta itu adalah bulan Dzulhijjah. Karena di bulan ini banyak momen untuk membuktikan rasa cinta.

Tapi cinta yang dimaksud bukanlah cinta antar manusia. Bukan cinta monyet yang menjangkiti para remaja. Tapi cinta yang lebih agung yakni cinta manusia kepada Tuhan Sang Pencipta.

Dzulhijjah identik dengan Haji dan Qurban. Dua even besar ini membutuhkan pengorbanan yang tidak tanggung-tanggung. Tidak hanya harta, tapi juga fisik dan yang terpenting modal kecintaan kepada Sang Pencipta.

Harta dan fisik saja tidak menjamin seorang manusia muslim bisa melaksanakannya dengan sempurna. Karena yang menjadi titik tolak sebenarnya adalah rasa cinta, bukan harta dan fisik yang dikerahkan untuk melaksanakannya.

Bila seorang muslim melaksanakan Qurban bukan atas nama cinta kepada Tuhannya, maka ia akan memilih hewan sekenanya, seadanya, dan secukupnya. Bukan sebaik yang ia bisa untuk menjadi pertanda cinta.

Begitu juga dengan ibadah haji. Bila seorang muslim melakukannya bukan atas nama cinta kepada Sang Pencipta, maka ia akan tertipu sendiri. Semua harta, tenaga, waktu yang ia habiskan hanya untuk menjamin harga diri.

Sebutan “Pak Haji”, “Bu Haji”, bila telah menjadi tujuan, hanya akan membuat cinta kepada Allah Sang Ilahi berbelok arah. Sehingga meski telah berkorban fisik, harta serta waktu malah tak menghasilkan barokah.

Mari sahabat, menguatkan rasa cinta kepada Tuhan Sang Pencipta. Mempersiapkan diri melaksanakan ibadah yang penuh dengan pengorbanan sepenuh jiwa dan raga.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan hidayah dan keberkahan kepada kita semua untuk menyambut bulan Dzulhijjah, bulan cinta manusia kepada Rabb-nya. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s