Jauhi Resep Gagal Berikut Ini!

sumber gambar: flickr.com

sumber gambar: flickr.com

Tahukah kau resep kegagalan? Kenapa kegagalan? Karena resep keberhasilan sudah banyak diberikan oleh orang lain. Namun tidak banyak yang tahu atau mau tahu soal resep kegagalan. Padahal ini penting untuk dihindari.

Resep ini juga bukan dariku sendiri. Aku mengambilnya dari seorang jurnalis atau wartawan yang terkenal di era perang dunia. Namanya Herbert Bayard Swope atau lebih dikenal sebagai Herbert Swope.

Salah satu ungkapan yang menjadikan ia terkenal adalah, “I can’t give you a sure-fire formula for success, but I can give you a formula for failure: to please everybody all the time.”

Menurut Herbert Swope, resep kegagalan adalah ingin selalu menyenangkan banyak pihak. Dan ini tidak hanya cocok bagi manusia di jamannya. Sekarang ini, dengan semakin agungnya demokrasi dan berbagai kompetisi berbasis voting, ingin menyenangkan banyak pihak dianggap jalan keberhasilan.

Kenapa menyenangkan banyak pihak adalah resep kegagalan?

Karena memang di dunia ini akan selalu ditemui perbedaan. Bahkan kita sendiri diciptakan berbeda. Kondisi lingkungan kita dibesarkan, pendidikan, pengalaman kehidupan kita selama bertahun-tahun juga berbeda.

Dengan sekian banyak perbedaan, cara pandang masing-masing orang terhadap sesuatu bisa jadi sedikit berbeda atau jauh berbeda. Tapi pasti ada yang berbeda dengan cara pandang kita.

Bila ingin menyenangkan banyak pihak, atau ingin mengakomodasi semua kepentingan, yang terjadi bisa jadi sebaliknya. Kau malah tidak bisa melaksanakan apa yang menurutmu penting untuk dilakukan.

Contoh mudah:

Kau hanya memiliki anggaran Rp 40 ribu rupiah untuk membeli cat tembok. Rencananya kau akan mengecat dinding rumah. Kau kemudian bertanya kepada istri, dan dua anakmu apa warna cat yang cocok untuk dinding rumah mereka?

Jawabannya ternyata berbeda-beda. Istrimu suka warna abu-abu, sementara, dua anakmu ingin cat warna merah dan biru. Kau sendiri sebenarnya ingin cat dinding rumah dengan warna jingga.

Dan kau memutuskan untuk membeli empat cat dengan warna yang berbeda dan uang yang hanya Rp 40 ribu. Hasilnya? Warna abu-abu yang disukai istrimu tidak bisa menutupi semua dinding, begitu juga dengan cat warna kesukaanmu dan dua anakmu. Cat dinding rumahmu pun memiliki warna yang tidak karuan.

Kurang lebih itulah gambaran sederhana mengapa menyenangkan banyak pihak akan malah memberikan kegagalan bukan kesuksesan. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s