Karakter Pemimpin Masa Depan Menurut Bill Gates

Bukan sekedar menolong, tapi memperkuat

Bukan sekedar menolong, tapi memperkuat (www.flickr.com)

Dulu ketika pendidikan hanya dimiliki oleh sebagian kalangan, menjadi pemimpin identik dengan banyaknya kemampuan dan pengetahuan. Semakin besar pengetahuan dan kemampuannya, maka semakin besar kemungkinannya menjadi pemimpin.

Kini saat sebagian besar manusia telah memiliki pendidikan tinggi. Ketika semakin banyak orang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang hampir merata, siapakah yang layak menjadi pemimpin?

Bill Gates, memberikan pendapatnya soal pemimpin masa depan ini. Ia mengatakan, “Leaders will be those who empower others.” Pemimpin adalah mereka yang menguatkan orang lain.

Dulu pemimpin harus mengambil keputusan cepat, dalam keterbatasan. Mereka saat itu harus mampu memenuhi kebutuhan rakyat atau yang dipimpinnya. Tapi terkadang pemenuhan kebutuhan menimbulkan ketergantungan.

Maka Bill Gates merumuskan bahwa seorang pemimpin masa depan haruslah seseorang yang tidak hanya bisa membantu rakyatnya memenuhi kebutuhan mereka. Di masa yang akan datang, pemimpin harus lebih dari itu.

Pemimpin juga haruslah yang bisa membuat yang dipimpinnya bangkit dan mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan kekuatan mereka sendiri. Sudah bukan lagi masanya untuk memberikan charity.

Pemimpin tidak bisa hadir tiap saat untuk menyelesaikan semua masalah yang ada di masyarakat. Bila masyarakat hanya mengandalkan pemimpin, kekecewaan sajalah yang akan mereka dapatkan.

Pemimpin masa depan tahu betul tentang hal ini. Oleh karenanya, ia akan berusaha agar mereka yang dipimpinnya menjadi kuat, mampu memecahkan persoalan yang muncul silih berganti.

Pemimpin masa depan berusaha menguatkan rakyatnya, bukan membuat menjadi penadah bantuan. Karena tantangannya akan semakin banyak. Bila rakyatnya telah menjadi kuat, dengan sendirinya, masalah akan cukup diselesaikan oleh rakyat, tanpa meminta bantuan pemimpin.

Tapi menjadikan rakyat kuat itu juga bukan perkara mudah. Ia membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Tapi bila bukan pemimpin yang menguatkan rakyatnya, pemimpin apa lagi yang cocok di masa depan? Wallahu A’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s