Panduan Qur’an Bila Kau Disakiti

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Aktivitas meminta dan memberi maaf itu identik dengan melakukan kesalahan atau menjadi objek kesalahan orang lain. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tapi Al Qur’an juga memiliki panduan bila kau disakiti.

Hal ini disampaikan dalam surat An Nisaa’ 148-149 yang artinya, “Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Kuasa.”

Allah sesungguhnya tidak senang bila seorang manusia mengumpat, menjelek-jelekkan orang lain kecuali bila ia adalah orang yang dianiaya. Tentu lebih baik bila ia bisa memaafkan.

Tapi dari ayat di atas diperbolehkan bagi seseorang untuk membalas bila ia dijelek-jelekkan. Bagaimana caranya?

Seorang Ulama, Hasan Bashri menyampaikan cara yang paling tepat bila kita dijelekkan oleh orang lain adalah dengan berdoa kepada Allah, “Ya Allah, berilah pertolongan kepadaku terhadap perlakuannya, dan ambil hakku dari dia”.

Salah seorang ulama, Abdul Karim bin Malik Al Jazari bahkan mengatakan, “Bila seseorang mengutukmu, kau bisa membalas mengutuknya, tapi bila ia berbohong tentangmu, jangan membalas dengan berbohong tentangnya.”

Tapi ayat berikutnya menunjukkan bahwa memang memaafkan itu jauh lebih baik. Karena hal itu akan mendekatkan seorang hamba kepada Allah.

Sebuah hadits shahih menjelaskan, “Tidak berkurang harta karena sedekah, dan Allah tidak menambah kepada orang yang memberi maaf kecuali kemuliaan, dan siapa yang merendahkan hati, Allah akan mengangkat derajatnya.”

Mari bermaafan sahabat, semoga Allah memberikan kita kemuliaan. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s