Maafkanlah Anak dan Istrimu

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Suatu ketika beberapa orang Mekkah yang telah masuk Islam ingin mengikuti Rasulullah untuk berhijrah ke Madinah. Namun ternyata anak dan istri mereka berkata lain. Mereka berharap ayah dan suami mereka tidak berangkat.

Beberapa waktu kemudian mereka akhirnya bisa bergabung dengan Rasulullah saw di Madinah. Tapi mereka menyesal. Karena ternyata mereka melihat para sahabat Rasulullah yang hijrah bersama beliau mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang Islam dibanding diri mereka.

Mereka kemudian merasa marah dan ingin menghukum anak dan istri mereka yang telah mencegah mereka dulu untuk ikut hijrah bersama Rasulullah saw. Maka kemudian diturunkanlah ayat ini.

Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang .(QS. At Taghaabun: 14)

Islam mengajarkan bahwa kau diminta untuk berhati-hati dengan keluarga. Karena bisa jadi keluargamu membuatmu tidak melakukan perintah Allah atau menjauhi laranganNya. Namun ketika memang meraka melakukan kesalahan, Allah mengingatkan agar kau memaafkan dan tidak memarahi mereka.

Di saat Idul Fitri di mana di Indonesia terkenal dengan aktivitas saling memaafkan, ayat di atas sangat tepat untuk diingat kembali. Utamakan kembali untuk memaafkan keluarga terlebih dahulu dibandingkan yang lain, terutama anak dan istrimu.

Kau diminta untuk berhati-hati agar cinta kepada mereka tidak mengalahkan cintamu kepada Allah dan RasulNya. Tapi bila kau tergelincir, dan anak istrimu memberi kontribusi ketergelinciranmu, janganlah kau memarahi mereka dan maafkanlah mereka.

Bukankah kau juga tidak lepas dari kesalahan? Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s