Ciri-Ciri Pemimpin Sejati

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: http://www.flickr.com

Pertanyaan di atas sampai kapanpun akan menjadi pertanyaan yang selalu muncul di setiap generasi. Siapakah yang sebenarnya yang layak untuk disebut sebagai pemimpin yang sebenarnya.

Salah satu definisi pemimpin sejati disampaikan oleh jendral besar Amerika Serikat, Douglas MacArthur  “A true leader has the confidence to stand alone, the courage to make tough decisions, and the compassion to listen to the needs of others. He does not set out to be a leader, but becomes one by the equality of his actions and the integrity of his intent.”

 “Seorang pemimpin yang sejati memiliki kepercayaan diri ketika harus berbeda, keberanian untuk membuat keputusan yang sulit, dan kepedulian untuk mendengarkan kebutuhan orang lain. Di tidak memiliki target untuk menjadi seorang pemimpin, tapi ia menjadi pemimpin karena keseimbangan dalam tindakan dan integritas dalam tujuan.”

Ada saat bagi setiap manusia ketika ia mendapati dirinya berbeda dengan orang yang di sekitarnya. Menjadi berbeda ini berat, karena berarti ia tidak lagi berada dalam kumpulan orang-orang yang selama ini beserta dirinya.

Namun orang yang memiliki kualitas pemimpin sejati ketika harus membela sesuatu yang benar ia tidak gentar. Meski ia berbeda, meski ia harus mengambil pilihan yang tidak sama dengan orang yang ada di sekitarnya.

Untuk keputusan yang sulit, manusia pada umumnya akan menghindari. Karena tanggung jawab dan kemungkinan untuk mengalami kesalahan fatal yang besar. Tapi tidak bagi mereka yang berjiwa pemimpin sejati. Keputusan yang penting selaras dengan resiko dan kebutuhannya. Ia sadar dan siap mengambil resiko keputusan yang dibuatnya.

Tapi tidak hanya itu, pemimpin yang sejati juga harus memiliki kasih sayang, kepedulian kepada orang lain. Dan malah, seringkali kepedulian dan kasih sayang itulah yang membuat mereka bersedia menjadi berbeda, dan mampu mengambil keputusan yang sulit.

Seorang pemimpin sejati tidak mentargetkan dirinya untuk menjadi pemimpin. Tapi cita-cita mulia dan kerja nyata yang membuat ia diakui oleh orang yang ada di sekitarnya sebagai pemimpin.

Bagaimana dengan dirimu sahabat? Sudahkah kau memiliki kepedulian kepada orang lain sehingga kau bersedia untuk berbeda, dan mengambil keputusan-keputusan yang sulit. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s