Jangan Jadi Orang yang Gampang Terkaget-Kaget Sahabat

sumber gambar: flickr.com

sumber gambar: flickr.com

Sahabatku yang dirahmati Allah, sesungguhnya ada sebuah pelajaran berharga bagi diriku dan dirimu dari perjalanan Musa dan Khidir as di Surat Al Kahfi ayat 60-82. Pelajaran yang semoga bisa membuat iman kita semakin bertambah.

Kita semua sudah mengerti tentang kisah perjalanan Musa dan Khidir yang menemui tiga kejadian yang membuat Musa terkaget-kaget. Dan Allah juga menunjukkan bahwa sebenarnya bukan dia yang paling memiliki ilmu.

Tiga kejadian itu adalah, pertama, saat Khidir yang awalnya menumpang sebuah perahu dengan gratis bersama Musa ternyata di akhir perjalanannya merusak kapal yang telah ia tumpangi sebelumnya.

Kedua, Khidir membunuh seorang anak laki-laki yang menurut Musa tidak ada sebab yang menjadikan anak tersebut layak untuk dihukum seberat itu. Dan ketiga adalah saat Khidir menegakkan bangunan yang hampir roboh, padahal di kampung itu tidak ada orang yang bersedia menjamu mereka.

Sahabatku, terkaget-kaget adalah pertanda kurangnya ilmu. Dengan banyaknya  hal-hal yang tidak ia ketahui di dunia ini, semua hal dianggap aneh dan baru. Padahal hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru. Dia saja yang tidak tahu.

Bagaimana denganmu sahabat? Apakah kau masih sering terkaget-kaget? Banyaknya ragam dan model kejadian di dunia ini bisa jadi membuatmu heran dan bingung. Dan itu semua kurangnya pengetahuan.

Bila kau tidak ingin menjadi orang-orang yang terkaget-keget, perbanyaklah belajar. Belajar tentang kehidupan dan semua hal ada di dalamnya. Sehingga nanti ketika kau menemui keanehan, kau tidak gampang menjadi orang yang mudah terkejut. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s