Meski Sulit Ditemukan, Pemimpin Yang Hebat itu Ada

Bisakah kau memimpin?

Bisakah kau memimpin? Sumber gambar (www.flickr.com)

Menjadi pemimpin, untuk hal yang satu ini tidak ada yang mudah. Bila ada yang mengatakan menjadi pemimpin itu mudah, berarti dia tidak layak dijadikan pemimpin. Karena memang dasarnya, pemimpin itu penuh dengan ujian.

Mendiang Jim Rohn, seorang pengusaha serta motivator yang meninggal 5 Desember 2009 lalu memberikan sebuah ungkapan yang menarik tentang kesulitan dan tantangan menjadi pemimpin.

Dia berkata, The challenge of leadership is to be strong, but not rude; be kind, but not weak; be bold, but not bully; be thoughtful, but not lazy; be humble, but not timid; be proud, but not arrogant; have humor, but without folly.”

“Tantangan dalam kepemimpinan adalah harus menjadi kuat, tapi tanpa kasar; menjadi lembut tapi tidak lembek; menjadi tegas, tapi tidak menganiaya; penuh pertimbangan, tapi tidak malas; menjadi rendah hati, tapi bukan penakut; menjadi bangga, tapi tak sombong; memiliki humor, tapi tidak konyol.”

Bagi siapapun itu, hal di atas pastilah hal-hal yang sulit untuk dijalankan. Karena kuat itu memang cenderung akan membuat pelakunya menjadi kasar. Orang yang lembut biasanya cenderung menjadi lembek. Dan seterusnya.

Sementara seorang pemimpin yang baik harus mencegah dirinya dari kecenderungan-kecenderungan yang buruk, tapi tetap melaksanakan karakter-karakter unggul.

Tapi seorang muslim tidak perlu bingung, dalam Islam ada Rasulullah yang memiliki karakter-karakter unggul seorang pemimpin. Seorang manusia yang memang didesain oleh Allah untuk menjadi contoh agung bagi semua manusia.

Tentu saja dengan segala sisi kemanusiaan yang muncul dalam diri Rasulullah, beliau tetaplah seorang pemimpin yang mampu mengendalikan kecenderungan yang melemahkan dengan izin Allah.

Bila karakter pemimpin itu telah ada dan bisa kau contoh, sudahkah kau mempelajarinya? Sudahkah kau berusaha menirunya? Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s