Tiga Panduan dalam Berdoa

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: http://www.flickr.com

Dalam masalah doa, Rasulullah memberikan tiga panduan. Yang pertama adalah tidak tergesa-gesa. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah, “Dikabulkan bagi seseorang di antara kalian selagi dia tidak tergesa-gesa mengatakan, “Aku telah berdoa, tetapi masih belum diperkenankan juga bagiku.” (HR. Imam Malik)

Hal ini karena memang Allah memiliki rahasia tersendiri yang mungkin tidak kita sadari sehingga panduan kedua ialah selalu berprasangka baik kepada Allah. Hal ini karena Rasulullah sendiri pernah menyampaikannya.

Tiada seorang muslim pun yang memanjatkan suatu doa keapda Allah yang di dalamnya tidak mengandung permintaan yang berdosa dan tidak pula memutuskan silaturahim, melainkan Allah pasti memberinya berkat doa itu salah satu dari tiga perkara berikut, yaitu: Adakalanya permohonannya itu segera dikabulkannya, adakalanya permohonannya itu disimpan oleh Allah untuknya kelak di hari kemudian, dan adakalanya dipalingkan darinya suatu keburukan yang semisal dengan permohonannya itu. Mereka (para sahabat berkata, “Kalau begitu, kami akan memperbanyak doa.” Nabi Saw. menjawab, “Allah Maha Banyak (Mengabulkan Doa).” (HR. Ahmad)

Dan panduan yang ketiga adalah memperhatikan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Karena sebenarnya haramnya yang kita konsumsi akan menjauhkan kita dari dikabulkannya doa.

Setelah menyampaikan sebuah ayat dari surat Al Mukminun ayat 51 dan Al Baqarah ayat 172, Rasulullah menambahkan sebuah kisah seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu. Dia menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdoa: “Wahai Robbku, wahai Robbku”, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan (perutnya) dikenyangkan dengan makanan haram, maka bagaimana mungkin orang seperti ini dikabulkan do’anya.” (HR. Muslim).

Wallahu a’lam

One response to “Tiga Panduan dalam Berdoa

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s