Pemimpin Terhebat Menurut Rosalynn Carter

Jalan untuk meraihnya tidak mulus, menanjak, tujuannya tidak terlihat oleh mata, tapi Rasulullah mampu mengajak umat Islam bergerak ke sana dengan ijin Allah (sumber gambar: flickr.com)

Jalan untuk meraihnya tidak mulus, menanjak, tujuannya tidak terlihat oleh mata, tapi Rasulullah mampu mengajak umat Islam bergerak ke sana dengan ijin Allah (sumber gambar: flickr.com)

Tidak banyak orang yang tahu tentang siapa itu Rosalynn Carter. Beliau adalah istri dari Presiden AS ke-39, Jimmy Carter. Sebagai istri seorang presiden, perannya bukan sebagai pengiring saja, tapi jauh lebih penting.

Sebagai seorang yang serius dalam bidang kesehatan mental, dan berpengalaman dalam menemani salah seorang pemimpin yang cukup disegani di dunia ia juga memiliki pengatahuan yang mumpuni dalam kepemimpinan.

Salah satu ungkapannya yang terkenal tentang kepemimpinan adalah, A leader takes people where they want to go. A great leader takes people where they don’t necessarily want to go, but ought to be. “

Seorang pemimpin adalah dia yang mampu mengajak orang lain ke arah yang mereka ingin tuju. Tapi seorang pemimpin yang hebat mampu mengajak orang ke arah yang harus mereka tuju meski tidak mereka inginkan.

Tidak terlalu sulit memang bagi seseorang untuk mengarahkan orang lain ke arah yang mereka inginkan. Karena pemimpin dan yang dipimpin telah sama-sama tahu arah yang harus mereka tuju.

meski telah sama-sama tahu arah yang dituju, permasalahan dalam proses menuju ke sana tetap saja akan muncul. Perbedaan pendepat dengan semakin banyaknya orang yang ikut dalam proses berpotensi memunculkan perpecahan.

Dan bagi orang-orang yang mampu mengarahkan orang-orang dengan isi kepala yang berbeda pastilah ia memang seorang pemimpin. Tapi ada yang lebih dari seorang pemimpin, yakni pemimpin yang hebat.

Pemimpin yang hebat melangkah lebih jauh lagi. Ia mampu mengajak orang lain untuk menuju arah yang benar, meskipun terkadang orang-orang tidak menginginkannya, entah karena ketidak tahuannya,atau ketidakinginannya.

Rasulullah telah menunjukkan hal itu. Beliau telah mampu menggerakkan sedemikian besar manusia dari jaman beliau hingga sekarang ini ke arah yang tidak banyak orang menginginkannya.

Rasulullah memberitahukan bahwa arah yang ia tawarkan kepada umat Islam akan penuh dengan kesulitan. Cobaan dan ujian adalah sesuatu yang lumrah dijumpai dalam Islam. Tapi dengan ijin Allah, sudah tidak terhitung berapa banyak jiwa yang tunduk untuk bersama-sama menuju arah kebenaran Islam.

Maka dengan ungkapan yang diungkapkan oleh Rosalynn Carter tentang kepemimpinan, Rasulullah Muhammad saw adalah pemimpin terhebat sepanjang masa. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s