Cara Agar Yang Terhalang untuk Berpuasa bisa Memborong Pahala

tetap bisa memborong pahala (sumber gambar: www.flickr.com)

tetap bisa memborong pahala (sumber gambar: www.flickr.com)

Dalam sebuah perjalanan, Rasulullah dan beberapa orang sahabat pergi dalam kondisi berpuasa. Kemudian sebagian ada yang meneruskan puasa dan ada pula yang berbuka (membatalkan puasa).

Karena cuaca yang terik, beberapa orang yang tidak memiliki pakian yang lengkap hanya bermodalkan tangan saja untuk menahan sengatan matahari mengenai tubuhnya.

Tidak seberapa lama, sahabat yang tak memiliki perlindungan dan memilih meneruskan puasa ini terjatuh karena lemahnya. Sementara bagi mereka yang telah membatalkan puasa tetap mampu tegak berdiri.

Melihat beberapa saudara muslim yang terjatuh, mereka yang telah membatalkan puasa kemudian bergegas. Mereka mendirikan tenda-tenda dan memberikan minum kepada unta-unta.

Rasulullah saw melihat peristiwa ini lalu bersabda, “orang-orang yang berbuka hari ini pergi membawa (memborong) pahala. (Shahih Muslim No.1886).

Sahabatku, Rasulullah dan para sahabat beliau mencontohkan, bahwa halangan berpuasa tidak selalu menghalangi mendapatkan kemuliaan amal kebaikan. Terlebih lagi di bulan Ramadhan ini.

Para ibu yang memang berhalangan juga bisa memborong pahala bila mereka bersedia menyediakan kebutuhan orang-orang yang berpuasa sebagaimana yang dikisahkan oleh Anas r.a. di atas.

Janganlah kau bersedih ketika kau mendapatkan halangan ketika puasa di Ramadhan ini. Islam memberikan solusi yang sangat tepat bagi mereka yang benar-benar ingin mendapatkan kemuliaan dari Allah swt.

Bukankah Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang memberikan petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah seperti pahala orang yang melakukan kebaikan itu.” (HR. Muslim). Wallahu a’lam

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s