Mumpung Ramadhan Ayo Banyak Berdoa Kebaikan

sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Di ayat-ayat panduan puasa yakni antara Al-Baqarah 183 sampai 187. Ada sebuah ayat yang terselip tentang doa. Ayat ini adalah ayat yang 186 yang artinya sebagai berikut, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyampaikan bahwa hal ini menunjukkan betapa penting dan utamanya doa dalam kondisi ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bahkan beberapa sabda Rasulullah menunjukkan anjuran tersebut.

Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, “bagi orang puasa di saat berbukanya ada doa yang dikabulkan.” Salah seorang sahabat, Abdullah bin Amr, senantiasa berdoa untuk keluarga dan anaknya saat berbuka.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Turmuzi, Nasai, dan Ibnu Majjah juga disebutkan, “Ada tiga macam orang yang doanya tidak ditolak, yaitu imam yang adil, orang puasa hingga berbuka, dan doa orang yang teraniaya diangkat oleh Allah sampai di bawah ghamam (awan) di hari kiamat nanti, dan dibukakan baginya semua pintu langit, dan Allah berfirman, “Demi kemuliaan-Ku, aku benar-benarn akan menolongmu, sekalipun sesudahnya.”

Sesungguhnya, doa-doamu akan tak akan tertolak sahabatku. Asalkan kau berdoa kebaikan dan tak memutus silaturahim diiringi dengan rasa harap bahwa Allah akan mengabulkan, insya Allah dimudahkan. Wallahu a’lam

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s