Bukan Hanya Tahu Cara Menang

sumber (antarafoto.com)

sumber (antarafoto.com)

Seorang ahli sejarah Yunani yang hidup pada 264 – 146 sebelum masehi memberikan sebuah ungkapan yang menarik soal kepemimpinan. Ia berkata, “A good general not only sees the way to victory; he also knows when victory is impossible.”

Seorang jendral yang baik tidak hanya melihat jalan meraih kemenangan; ia juga harus tahu kapan kemenangan itu tidak mungkin diraih. Kurang lebih itulah terjemahan bebasnya.

Dan aku sepakat dengannya. Bahwa seorang jendral harus tahu bahwa kapan ia bisa menaklukkan musuhnya dan kapan ia harus mengambil pilihan untuk mundur. Itulah jendral yang baik.

Khalid bin Walid dalam perang Mu’tah harus memimpin pasukan yang berjumlah 3000 orang melawan pasukan yang berjumlah 200.000 orang dengan senjata dan kemampuan yang terlatih.

Dan memang jendral yang baik adalah yang tahu kapan kemenangan itu mustahil diraih, dan perang Mu’tah itulah salah satunya. Khalid bin Walid akhirnya mampu memaksakan pertempuran berakhir imbang.

Sahabatku, pengetahuan tentang kekuatan diri dan kekuatan musuh serta medan pertempuran adalah prasyarat untuk mempertimbangkan langkah-langkah kemenangan.

Dan memang ada waktunya ketika sebuah pasukan tidak didukung oleh kondisi-kondisi yang ada untuk meraih pertempuran. Seorang jendral yang baik tidak akan gegabah mengorbankan pasukannya hanya untuk mengalami kekalahan.

Karena kekalahan itu bukan hanya berdampak pada pasukan yang ia pimpin saja. Tetapi kekalahan itu juga berdampak pada performa pasukan di perang-perang selanjutnya.

Semalam Indonesia Sselection dibantai 7-0 melawan Arsenal. Dan jelas kekalahan ini akan memberi dampak psikologis pada pertandingan-pertandingan berikutnya. Semoga saja jendral pertandingan Indonesia tidak membohongi pasukannya bahwa mereka bisa menang melawan Arsenal.

Karena bila itu yang terjadi, maka sesungguhnya sang jendral telah memberikan harapan kosong yang telah membuat motivasi pasukannya jauh berkurang. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s