Sudah Siapkah Kau Menangkap Getar Keimanan di Ramadhan?

Apakah antena hatimu telah siap menangkap sinyal keimanan dalam Ramadhan? (Sumber gambar: www. flickr.com)

Apakah antena hatimu telah siap menangkap sinyal keimanan dalam Ramadhan? (Sumber gambar: www. flickr.com)

Ramadhan adalah bulan mulia. Namun sayangnya kemuliaan itu tidak bisa dilihat mata, tak bisa didengar oleh telinga dan tak berasa oleh lidah. Yang bisa merasakan adalah mereka yang menangkap kemuliaan dengan iman.

Bila saja kemuliaan Ramadhan itu berbentuk uang, ceritanya mungkin berbeda. Bagi setiap orang yang menunaikan puasa satu hari di bulan Ramadhan akan mendapatkan uang 1 juta rupiah. Dan untuk lailatul qadar mendapat 1000 kalinya atau 1 milyar, pasti banyak orang yang bersungguh-sungguh beribadah di bulan Ramadhan.

Namun Allah menetapkan bahwa pahala, keberkahan itu tidak berbentuk fisik, semua balasannya di akhirat. Dan hanya iman di dada yang bisa menangkap kemuliaan itu semua.

Oleh sebab itu sahabatku, menyiapkan iman atau kondisi ruhiyah dalam menyambut Ramadhan itu sangat penting dibanding persiapan lainnya. Bukan berarti yang lain tidak penting, tapi karena iman yang menangkap kemuliaan Ramadhan, maka menyiapkan iman itu yang terpenting.

Bagaimana menyiapkan iman? Iman semakin bertambah dengan ibadah dan ilmu. Maka untuk menambah keyakinan atau imanmu, tambahlah ibadah dan ilmumu. Bacalah hadits-hadits, Qur’an, dan tafsir serta penjelasan terkait puasa, iman, dan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan.

Dan akhirnya getar-getar iman yang telah diberikan Allah melalui Ramadhan akan bisa berpendar dalam hatimu yang juga telah memupuk iman. Insya Allah.

Semoga Ramadhan kali ini akan menambah untukku dan untukmu keimanan, penghapusan dosa dan keberkahan dalam hidup. Semoga Allah menjaga balasan kebaikan kita hingga di akhirat kelak. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s