Beranikah Kau Berkata Tidak?

Apakah kau berani sahabat? (sumber gambar:flickr.com)

Apakah kau berani sahabat? (sumber gambar:flickr.com)

Berkata tidak itu sangat penting sahabatku. Jauh lebih penting daripada berkata iya. Apalagi bila kau adalah pemimpin bagi orang-orang yang berada di sekitarmu. Tantangan terbesar bagi pemimpin adalah berkata tidak bukan berkata iya.

Mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair mengatakan hal yang serupa, The art of leadership is saying no, not saying yes. It is very easy to say yes.” Seni dalam kepemimpinan adalah berkata tidak, bukan berkata iya. Sangat mudah bagi siapapun untuk berkata iya.

Sebagai seorang pemimpin, keinginan dan pendapat orang yang berada di bawahnya bisa jadi sangat beragam. Bila ia hanya bisa mengiyakan, maka ia sendiri yang akan menyulitkan diri sendiri.

Belum lagi keinginan dan pendapat orang belum tentu benar dan tulus. Bisa terbayang ketika pemimpin hanya bisa mengiyakan. Kehancuran yang akan diraih, bukan keberhasilan.

Berkata tidak itu lebih susah, karena dengan berkata tidak, berarti kau tidak memilih pendapat orang lain, berarti kau tidak sepakat dengan pikiran orang lain. Dan itu sangat memungkinkan untuk memunculkan konflik.

Dan karena konflik berpotensi memunculkan pertikaian, banyak orang yang enggan tidak sepakat, banyak orang akhirnya hanya bisa mengiyakan. Banyak orang akhirnya menyepakati semuanya.

Padahal ketika seseorang telah diangkat sebagai pemimpin, ia telah memiliki kewajiban untuk mewujudkan impian, ide dan pendapat lembaga, institusi dan kelompok yang dipimpinnya. Bila ia tidak mampu menahan nafsu mengiyakan sangat mungkin ia malah melupakan tujuan organisasinya.

Berat memang pilihan untuk berkata tidak. Tapi itulah yang menjadi tugas berat bagi pemimpin, itulah seni memimpin. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s