Manusia, Makhluk yang Paling Banyak Membantah

Bila manusia sudah saling membantah dan tak ada yang mengalah (sumber gambar: flickr.com)

Bila manusia sudah saling membantah dan tak ada yang mengalah (sumber gambar: flickr.com)

Allah, Sang Pencipta tahu betul seluk beluk manusia. Apa yang ada di luar dan di dalamnya tak ada yang tersembunyi dariNya. Maka apa yang telah menjadi ketentuan Allah bagi manusia adalah benar adanya.

Termasuk juga ayat berikut ini, “Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.” (QS. Al Kahfi: 54)

Ya sahabatku, aku, kau dan semua manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah. Meski banyak contoh yang telah Allah tunjukkan, manusia seringkali tak meyakininya, malah sebaliknya, membantah.

Bukan hanya bagi mereka yang awam masalah agama, bagi yang alim pun, membantah ini masih tersimpan dalam diri manusia.

Sebuah kisah ditampilkan oleh Ibnu Katsir berkenaan dengan sifat manusia yang senang membantah ini. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Ali bin Abi Thalib bercerita tentang kondisi dirinya yang menyebabkan Rasulullah berkata sebagaimana firman di atas, “Dan manusia memang makhluk yang paling banyak membantah”.

Rasulullah di suatu malam mengunjungi putrinya dan si suami, Fathimah dan Ali bin Abi Thalib. Beliau membangunkan keduanya, “Apakah kalian tidak sholat?”

Ali bin Abi Thalib menjawab ajakan Rasulullah, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya jiwa kami ini berada dalam genggaman Allah. Bila Dia berkehendak untuk membangunkan kami, Dia pasti membangunkan kami”.

Setelah itu Ali melihat mertuanya itu pergi tanpa menoleh kembali, menepuk pahanya dan berkata, “Dan manusia memang makhluk yang paling banyak membantah.”

Sahabatku, janganlah kau kecewa dengan bantahan manusia. Karena memang itu sudah menjadi kebiasaannya. Sebagaimana kau juga telah terbiasa membantah orang selainmu, maafkanlah ia. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s