Menjelang Ramadhan Gempa Bumi Kembali Melanda Aceh

This slideshow requires JavaScript.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR terjadi 02 Juli 2013 pukul 14.37 WIB mengguncang Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pusat gempa berada di  kedalaman 10 km dan berlokasi 35 km Barat Daya Kabupaten Bener Meriah atau 181 km Tenggara Banda Aceh.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB,  data korban dan kerugian (per 03 Juli 13 : 13.00 WIB) mencapai 23 korban meninggal dan 2 korban hilang, 229 korban luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Ketol, sebanyak 8 warga meninggal dunia, 30 lainnya mengalami luka parah, dan sekitar 80% dari keseluruhan rumah penduduk mengalami kerusakan, baik rusak berat maupun rusak ringan akibat gempa.

Upaya penanganan gempa terus dilakukan. Saat ini tim BNPB, SRC PB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan Kementerian PU berada di Bener Meriah untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat.

Per tanggal 3 Juli 2013 BNPB  mengirimkan satu helicopter Collibri TNI AU untuk membantu penanganan gempa, khususnya di perbatasan antara Bener Meriah dan Aceh Tengah dan satu  pesawat CN 235 TNI AU untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dari udara dampak kerusakan gempa.

Selain itu dua pesawat CN dan CASA TNI AU untuk membantu distribusi bantuan logistik berupa makanan, obat-obatan, dan pakaian layak pakai yang disiagakan di Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh.

Upaya lain yang telah di lakukan untuk penanganan gempa di Aceh ialah pendirian posko terpadu untuk koordinasi antara elemen yang terlibat baik dari BNPB, BPBD, pemerintah daerah, LSM dan relawan lokal.

Sementara ini terdapat tiga titik yang dijadikan lokasi posko gempa. Posko pertama berada di Elhanief advertising, Jalan teuku Hasan Dek no 20 Jambo Tape Banda Aceh. Posko kedua terletak di Alexandria Advertising Jalan Lamnyong Banda Aceh. Posko ketiga terletak di Lapangan Udara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

Saat ini PKPU telah menurunkan tim DRM PKPU Aceh yang dibantu relawan untuk melakukan assesment dan memberikan bantuan tanggap darurat pagi penduduk Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Besar yang menjadi korban gempa.

Rabu, 3 Juli 2013, Tim DRM PKPU melakukan assesment awal yang dipimpin oleh kepala cabang PKPU Aceh. Dan hasilnya, dalam 2-3 hari ke depan, PKPU akan mengadakan beberapa aktivitas program sebagai berikut:

  1. Dapur Air dan Family Kits, mendirikan posko yang menyediakan minuman hangat dan pemberian kebutuhan sehari-hari
  2. Shelter Rumah Senyum, membangun shelter hunian sementara tahan gempa bagi pengungsi yang telah berkeluarga
  3. Serambi Nyaman, membentuk bangsal khusus ibu hamil dan balita dengan ketersediaan fasilitas yang memadai.
  4. Trauma Healing, memberikan aksi pengurangan beban mental psikologis bagi anak-anak yang menjadi korban gempa
  5. Water Sanitation, membangun sarana air bersih yang mudah diakses bagi masyarakat.

Untuk informasi kau bisa menghubungi M Kaimuddin +62 812 309 8025, kaimudin@pkpu.or.id Rohandi+62 813 200 231 23

Kau bisa membantu mereka melalui PKPU Surabaya dengan menyalurkan bantuan ke rekening kemanusiaan PKPU Surabaya, BCA 513 005 6018 dan konfirmasikan ke 08119783182.

3 responses to “Menjelang Ramadhan Gempa Bumi Kembali Melanda Aceh

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s