Memimpin itu Harus Walk the Talk

Memimpin = walk the talk (sumber gambar: flickr.com)

Memimpin = walk the talk (sumber gambar: flickr.com)

Satu lagi ungkapan tentang apa itu leadership atau kepemimpinan. Sebuah ungkapan ini disampaikan oleh Ken Kesey, salah seorang pengarang buku yang terkenal di AS, yakni, One Flew Over the Cuckoo’s Nest.

Ia mengatakan, “You don’t lead by pointing and telling people some place to go.  You lead by going to that place and making a case.” Bila diterjemahkan kurang lebih seperti ini, “Memimpin itu bukan dengan menunjuk dan menyuruh orang pergi ke suatu tempat. Kau memimpin dengan pergi ke tempat itu dan menunjukkan mengapa mereka harus pergi ke sana”.

Kukira kau juga akan sepakat dengan yang ia katakan. Menjadi pemimpin itu tidak hanya butuh asal suruh ini-itu, tunjuk sana dan sini. Bila seorang pemimpin hanya butuh asal suruh dan tunjuk siapapun juga bisa.

Menjadi pemimpin berarti kau harus walk the talk. Melakukan apa yang kau sampaikan. Kebaikan-kebaikan, niat-niat tulus yang kau sampaikan harus terlebih dahulu kau rasakan.

Ketika kau telah merasakan susah dan beratnya, mudah dan bahagianya, barulah kau bisa mengajak orang lain mengapa mereka harus ikut bersamamu menuju ke tempat yang sama.

Ketika mereka merasa berat, kau sudah terlebih dahulu merasakan beratnya menuju tempat itu. Kau tidak hanya omdo (omong doang) kau telah merasakan sendiri pengalaman itu.

Dan inilah juga yang dirasakan oleh Rasulullah. Dikejar-kejar musuh, dikepung mau dibunuh, mendapati orang munafik di antara sahabat beliau, bahkan keluarga beliau difitnah itu semua telah dirasakan.

Dan ketika aku dan kau saat ini ingin mengikuti ajaran beliau dan menemui kesulitan yang amat dahsyat, kau sudah sadar bahwa pemimpinmu, Rasulullah saw juga pernah mengalami hal yang sama.

Bukan sekedar The Talk, tapi Walk The Talk. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s