Apakah Kau Juga Menyalahkan Sekolah Atas Kekurangan Anakmu?

Apakah kau menyalahkan orang lain atas kesalahanmu? (sumber gambar: flickr.com)

Apakah kau menyalahkan orang lain atas kesalahanmu? (sumber gambar: flickr.com)

Ketika masa ujian telah berakhir dan pembagian raport dimulai, ada banyak ekspresi wajah yang muncul. Mulai dari senyum lebar hingga kecewa, semua muncul di wajah wali murid. Kau mungkin termasuk di dalamnya.

Bila yang terjadi adalah senyum lebar, semua senang. Tapi bagaimana bila yang muncul adalah senyum kecut. Tidak terlalu buruk sih, tapi kau berpikir, “Seharusnya anakku bisa lebih dari ini?”

Pernyataan atau pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah, “Apa saja sih yang diajarkan di sekolah? Kok nilai ujian anakku bisa seperti ini? Apa yang disampaikan oleh gurunya?”

Padahal yang sangat berpengaruh besar adalah dirimu, orang tua. Mereka menjadi sebagaimana sekarang ini adalah karena mereka melihat keseharianmu.

Maka sekarang ketika kau melihat anakmu tidak bersemangat belajar, periksa terlebih dahulu keseharianmu. Apakah kau juga semangat belajar? Ataukah kau lebih sering menghabiskan waktu di depan TV atau laptop?

Bila kau melihat anakmu sering membolos sekolah, periksa terlebih dahulu dirimu. Bila kau sendiri tidak begitu memperhatikan peraturan atau tata tertib, mengapa dia harus mengikuti tata tertib sekolahnya?

Bila kau sekarang menyaksikan anakmu sering membantah permintaan atau perintahmu, periksa terlebih dahulu dirimu. Bila kau terbiasa marah dan enggan menerima pendapat orang lain, mengapa dia harus memenrima pendapatmu?

Masihkah kau menyalahkan orang lain karena sifat dan karaktermu?

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s