Selling Malah Lebih Sukses bila Kau Beri Kebebasan Memilih pada Customer-mu

Silahkan bila ada yang mau beli bunga (sumber gambar: flickr.com)

Silahkan bila ada yang mau beli bunga (sumber gambar: flickr.com)

Selling sepertinya selalu menjadi salah satu kebutuhan bagi tiap bisnis, baik profit atau non-profit. Karena memang nasib perusahaan apapun sangat bergantung pada yang satu ini.

Ada sebuah teknik yang telah diteliti mampu meningkatkan keberhasillan selling terutama ketika menggunakan media internet. Teknik ini dikenal sebagai “evoking freedom”.

Atau dalam bahasa mudahnya memberikan kebebasan kepada calon konsumen. Konsumen diberitahukan bahwa ia bebas memilih apakah ia akan menerima tawaran atau tidak.

Dan dalam penelitiannya, ternyata hal ini malah bisa meningkatkan kemungkinan untuk closing. Sebuah teknik yang menurutku sebenarnya telah dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Dalam jual beli yang dicontohkan Rasulullah, prinsip yang selalu mengemuka adalah “‘an taroodhin” atau suka sama suka antara kedua belah pihak. Tidak ada pihak yang memiliki kedudukan lebih dari yang lain. Semuanya sama.

Dengan tidak adanya paksaan, calon pembeli malah semakin yakin dengan penawaran yang diberikan kepadanya. Tapi ingat sahabat, ini bukan sekedar teknik yang “lip service”. Dalam kenyataannya, kau harus menunjukkan bahwa kau memang tidak memaksakan tawaranmu.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An Nisaa’: 29)

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s