Ketergantungan itu Ada yang Berbahaya Dunia Akhirat

Jangan sampai kau tergantung dengan hal-hal seperti ini sahabatku (sumber gambar: flickr.com)

Jangan sampai kau tergantung dengan hal-hal seperti ini sahabatku (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku yang dirahmati Allah swt, ketergantungan selain kepada Allah adalah ketergantungan yang salah. Karena tidak ada satupun di dunia ini yang sanggup menandingiNya.

Bila kau tergantung dengan kekuasaan, jabatan dan posisimu, maka semua itu akan hilang. Dan hilangnya akan lebih cepat dari yang kau bayangkan. Dipuja di pagi hari dan dihujat di sore hari bukan lagi hal yang mustahil.

Bila kau tergantung dengan kekayaan, harta dan uangmu, itu juga akan hilang. Memiliki uang trilyunan rupiah di hari ini dan menanggung hutang di hari esok juga bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Bila kau tergantung dengan keluarga, anak, istri, itu juga akan hilang. Istri dan suami yang membahagiakan di saat ini bisa menjadi musuh dalam waktu yang singkat.

Dan bila semua itu tidak terjadi, yang pasti terjadi adalah kematianmu. Kau tidak tahu kapan Allah akan mengambil nyawamu. Dan bila itu terjadi siapa yang sanggup menolongmu.

Dulu, orang syirik dengan menyembah berhala. Mereka menganggap bahwa berhala-berhala itulah yang mendatangkan keberuntungan. Mereka menganggap hinggapnya sebuah burung tertentu adalah kesialan.

Dulu, orang syirik dengan mengagungkan berhala. Mereka menganggap bila tidak mengagungkan patung-patung yang mereka buat sendiri, permohonan dan doa mereka tidak akan sampai kepada Allah swt.

Dulu, orang syirik dengan menaikkan derajat berhala menjadi sama dengan Allah swt. Seolah-olah Allah membutuhkan bantuan dari yang lainnya untuk memberikan rizki, kasih sayang dan anugerahNya kepada alam semesta.

Kini orang malah melupakan Allah swt. Mereka mengira bahwa semua apa yang mereka raih adalah karena diri mereka sendiri. Mereka mampu mendapat nikmat adalah karena teman, pendukung, investor, dan siapapun yang mendukung mereka. (na’udzu billah mindzalik).

“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Dia berfirman: “Serulah olehmu sekalian sekutu-sekutu-Ku yang kamu katakan itu.” Mereka lalu memanggilnya tetapi sekutu-sekutu itu tidak membalas seruan mereka dan Kami adakan untuk mereka tempat kebinasaan (neraka)”.(QS. Al Kahfi: 52).

Allah sudah menjanjikan kepada mereka yang menjadikan tandingan, menganggap ada yang setingkat dengan Allah, mengira Allah tak akan sanggup memberi tanpa ijin sekutu itu, baik kepada yang menyekutukan dan yang menjadi sekutu berakhi di neraka (na’udzubillah min dzalik). Berhati-hatilah sahabatku. Wallahu A’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s