Perhatikan Video Berikut ini Untuk Memperbaiki Kualitas Public Speaking mu

Richard Turere

Richard Turere

Sederhana dan mudah. Itulah kesan yang muncul pertama kali saat kau melihat presentasi yang dilakukan oleh Richard Turere di atas di hadapan audiens yang mungkin memiliki kapasitas lebih dari dirinya.

Tapi mungkin kau juga sudah melihat sahabatku ada beberapa hal yang penting yang bisa kau terapkan dalam presentasimu sebagaimana yang disampaikan oleh Richard.

Pertama, content yang ia sampaikan adalah sebuah cerita yang jujur. Sebuah cerita yang tulus tentang dirinya, sukunya, masalah yang mereka hadapi dan solusi yang ia berikan.

Maka, bila kau merasa ragu untuk menyampaikan sesuatu, bisa jadi bukan karena kemampuanmu, tapi karena kau sendiri belum meyakini bahwa yang kau sampaikan adalah sesuatu yang jujur, tulus dari dalam hatimu.

Ketika kejujuran yang tulus untuk berbagi dengan niat yang baik itu tersampaikan, maka yang mendengarkan juga akan menyaksikannya dengan hati yang terbuka. Dan kurasa begitu juga dengan sebaliknya.

Kedua, kekuatan gambar. Tidak bisa dipungkiri untuk membuat audiens terbang ke belahan dunia afrika, kau tidak bisa hanya dengan bercerita, kau bisa menguatkannya dengan gambar. Dan itulah yang dilakukan oleh Richard, menampilkan banyak gambar.

Ketiga, adalah banyak berlatih. Aku tidak yakin ia mampu melakukan itu tanpa latihan. Semua yang sempurna itu pasti didapatkan dari latihan. Oleh sebab itu berlatihlah untuk menampilkan presentasi dengan baik.

Keempat dan kukira ini yang terpenting, adalah apakah yang kau presentasikan bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh orang lain? Ia memberikan solusi dengan inspirasi, dengan menunjukkan bahwa dia, dari daratan belantara Afrika mampu berinovasi untuk memecahkan masalah yang ia hadapi.

Ketiga hal pertama adalah sebuah pelajaran penting dalam Public Speaking, tapi pelajaran yang keempat, yakni memberi inspirasi adalah pelajaran terpenting yang ia berikan. Entahlah sahabat, bisa jadi ada lebih banyak lagi pelajaran yang bisa kau ambil dari sana.

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s