Sudahkah Kau Mempersiapkan Diri Saat Hisabmu?

Yang lebih membutuhkan persiapan ialah setelah kematian. Sudahkah kita menyiapkannya? (sumber gambar: flickr.com)

Yang lebih membutuhkan persiapan ialah setelah kematian. Sudahkah kita menyiapkannya? (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku yang dirahmati Allah, setelah Allah menerangkan bahwa kekuasaan yang tertinggi hanyalah milik-Nya, Allah menerangkan tentang dahsyatnya hari kiamat.

Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka. (QS. Al Kahfi: 47)

Allah menjelaskan bahwa semua yang ada di dunia ini pasti akan mengalami kiamat, baik yang kecil berupa kematian bagi tiap orang maupun yang besar yang akan menghancurkan seluruh alam semesta. Na’udzubillah min dzalik.

Hal ini juga mengingatkan kepadamu sahabatku, bahwa apapun yang kau miliki dan cintai semuanya hanyalah sementara. Bahkan dirimu pun sementara saja di dunia ini. Kematian juga pasti akan menjemputmu.

Tidak hanya berhenti di sana. Karena bila hanya kematian tanpa adanya perhitungan, maka dunia ini akan dipenuhi dengan mengumbar maksiat. “Kapan lagi kita akan bersenang-senang kalau tidak di dunia ini?” Itulah semboyan para pemuja kenikmatan dunia.

Padahal Allah mengingatkan kepadamu bahwa semua itu diperhitungkan. Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun.” (QS. Al Kahfi: 49)

Apapun yang kau lakukan, ucapkan bahkan munculkan dalam hati akan dicatat semuanya. Allah Maha Membalas segala amal perbuatan. Tidak ada satupun yang tersembunyi dari catatan-Nya. Dan Allah-lah pemberi balasan yang paling adil. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s