Inilah Tujuan Akhir Puasa Ramadhan Menurut Umar bin Khattab dan Ubay bin Ka’ab

"Hati-hati dalam melangkah sahabat!" (sumber gambar: flickr.com)

“Hati-hati dalam melangkah sahabat!” (sumber gambar: flickr.com)

Ayat ini insya Allah tidak asing di telingamu sahabatku, Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183)

Ketika membaca atau mendengar ayat tersebut, kau pasti sudah bisa mengetahui bahwa tujuan akhir puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh adalah agar kau bertaqwa. Tapi sudah tahukah kau bagaimana wajah taqwa itu?

Umar bin Khattab pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab mengenai hal ini. Ubay bin Ka’ab menjawab dengan bertanya kembali kepada Umar. “Pernahkah engkau melewati jalan yang penuh dengan onak dan duri?”

Umar menjawab, “Ya, pernah.” Lalu Ubay bin Ka’ab bertanya lagi kepada Umar, “Lalu apa yang kau lakukan?” Umar menjawab, “Aku bertahan dan berusaha sekuat tenaga melewatinya?” Ubay bin Ka’ab menyampaikan, “Itulah yang namanya taqwa.”

Sebuah diskusi yang memberikan sebuah gambaran taqwa dari para sahabat utama Rasulullah saw. Taqwa adalah senantiasa berhati-hati dalam menjalani sebuah kehidupan ini.

Mereka sadar, dalam dunia ini ada banyak hal-hal yang membahayakan sebagaimana duri yang ada di jalan. Bila kita ingin mudahnya saja dan tidak memperhatikannya, maka akan banyak duri yang menusuk kaki kita.

Susah, berat, dan harus senantiasa waspada itulah gambaran taqwa yang disampaikan Umar bin Khattab dan Ubay bin Ka’ab. Jangan sampai karena keteledoran, kita menabrak larangan-larangan yang telah ditetapkan Allah dan Rasulullah. Dan bukankah itu juga yang kau rasakan ketika puasa?

Kau diminta menahan (berhati-hati) dalam mengkonsumsi dan melakukan yang mubah, sehingga tidak gampang tertusuk duri-duri dalam hidup. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s