Pemimpin itu Teruji Saat Muncul Masalah, Mampukah Ia Menyelesaikannya?

Anyone can hold the helm when the sea is calm. —Publilius Syrus (Siapapun bisa menjadi nahkoda saat laut dalam kondisi tenang) sumber gambar: flickr.com

Anyone can hold the helm when the sea is calm. —Publilius Syrus (Siapapun bisa menjadi nahkoda saat laut dalam kondisi tenang) sumber gambar: flickr.com

Teka-teki tentang siapakah sebenarnya seseorang yang layak disebut sebagai pemimpin telah diketahui sejak dulu. Dua ribu tahun yang lalu , seorang begawan Roma memberikan panduan.

Dia mengatakan “Siapapun bisa mengenakan helm (menjadi pemimpin) ketika lautnya dalam keadaan tenang”. Artinya dalam kondisi tenang, pemimpin itu bisa siapa saja. Tapi dalam kondisi genting, hal itu tidak berlaku.

Dalam kondisi yang penuh dengan kekacauan, dibutuhkan orang yang benar-benar bisa menguasai keadaan. Harus ada seseoarng yang mempu mengembalikan kestabilan sebagaimana semula.

Maka bisa disimpulkan bahwa turbulensi, kekacauan, masalah, kondisi genting adalah sesuatu yang bisa dijadikan ukuran kekuatan sebenarnya dari seorang pemimpin.

Kekacauannya tidak harus berupa perang. Bentuknya bisa jadi, semakin besarnya kemiskinan, kejahatan yang tidak tertangani, korupsi yang merajalela atau bahkan penindasan minoritas. Itu semua adalah kondisi genting.

Mereka yang bisa menangani permasalahan itulah yang layak disebut sebagai seorang pemimpin. Bila kondisinya tenang tanpa ada masalah, tidak dibutuhkan yang namanya pemimpin.

Dan sepertinya kondisi ideal seperti itu tidak akan pernah muncul. Karena memang sudah tabiatnya di dunia ini penuh dengan masalah, baik besar atau kecil, akut atau kronis. Dan pemimpin dibutuhkan untuk menyatukan semua sumber daya yang ada untuk menyelesaikannya.

Mereka yang tidak mampu memberikan manfaat, tidak mampu menyelesaikan masalah, tidak mampu memberikan ketenangan tidak layak untuk dijadikan pemimpin. Maka, bagaimana dengan dirimu sahabatku?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s