Fenomena Apple Setelah Era Steve Jobs dan Pelajarannya

 

Bisakah Apple bertahan tanpa Steve Jobs (sumber gambar: flickr.com)

Bisakah Apple bertahan tanpa Steve Jobs (sumber gambar: flickr.com)

Mendiang Steve Jobs hingga kini masih menjadi orang yang terkenal. Dengan produk-produk yang merevolusi kehidupan manusia, ia akan selalu dikenal sebagai orang yang fenomenal.

 

Tapi bagaimana dengan perusahaannya? Bagaimana dengan Apple? Apakah ia akan tetap sefenomenal Steve Jobs? Kurasa tidak, sekarang ini bahkan yang terjadi di Apple sedang terbalik.

 

Bila dulu menghadirkan produk-produk baru yang inovatif dan revolusioner selalu lahir dari rahim Apple, kini Apple malah mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di industri yang sama.

 

Kecenderungan untuk mendapatkan hasil yang instan sepertinya diperagakan oleh Tim Cook, pengganti Steve Jobs. Alih-alih berinvestasi untuk membuat produk yang insanely great, mereka membeli produk-produk lain.

 

Sebenarnya tidak ada yang salah. Hal seperti ini wajar dilakukan. Toh itu juga perusahaan mereka sendiri. Tapi lihatlah perbandingan antara Apple saat masih di bawah kepemimpinan Jobs dan setelah kepergiaannya.

 

Pewarisan kepemimpinan di lembaga apapun selalu menjadi pertanyaan. Mampukah penerus kita akan melanjutkan kesuksesan yang telah dicapai pendahulunya? Atau apakah akah menurun?

 

Maka bila kau ingin kepemimpinanmu memiliki generasi penerus yang sesuai, sejak sekarang, jauh-jauh hari, berpikirlah bagaimana cara dan dengan pemimpin seperti apa yang memungkinkan hal itu terwujud?

 

Bangunlah rencana estafet itu sejak dini, sehingga kejadian-kejadian seperti di Apple dan perusahaan lain yang turun setelah ditinggal oleh pemimpinnya yang fenomenal bisa kau hindari. Wallahu a’lam.

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s